Haji Umroh

Jamiyyah Nahdlatul Hujaj (Janah), Kebangkitan Para Jamaah Haji

Jamiyyah Nahdlatul Hujaj (Janah) berarti Perkumpulan Kebangkitan Para Jamaah Haji. Janah adalah organisasi Para Alumni Jamaah Haji yang pernah mengikuti Bimbingan Ibadah Haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Nahdlatul Ulama (KBIHNU) Cilacap.

Janah dibentuk guna mewadahi para Alumni Haji KBIHNU agar tetap terjaga silaturrahmi nya, agar bisa terjalin komunikasinya, dan agar bisa menjalankan aktifitas sosial-keagamaan secara berkesinambungan dalam rangka memupuk kemabruran haji.

Kemabruran haji

Predikat haji yang mabrur itulah merupakan tujuan ibadah haji seseorang, karena dalam salah satu Haditsnya Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa,“haji yang Mabrur itu tidak ada balasan lain dari Allah kecuali balasan surga,“ (HR. Bukhori dan Muslim).

Kemabruran haji seseoranmg sesungguhnya bukan semata-mata dilihat dari aspek, syarat, rukun, wajib yang dilaksanakan seseorang selama menjalankan ibadah haji, akan tetapi juga terkait dengan niatan seseorang untuk pergi haji apakah pergi hajinya seseorang itu berniatsemata-mata karena niat mencari keridhaan Allah, berniat berwisata, berdagang atau niat yang lainnya, apakah pula yang dikerjakan selama di tanah suci apakah ibadah, sekedar jalan-jalan atau apa, juga terkait dengan harta yang dipergunakan, apakah sumber harta yang dipergunakan untuk haji itu bersumber dari harta yang halal atau sebaliknya harta yang haram.

Selain aspek aspek tersebut, maka kemabruran haji seseorang dapat juga dilihat dari aspek ibadah dan perilaku seseorang sesudah selesai menunaikan ibadah hajinya. Dalam kaitan inilah secara khusus teladan kita Rasulullah Muhammad SAW telah memberikan tuntunan tentang tanda tanda kemabruran haji seseorang yang bisa dilihat dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

Para sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah Muhammad SAW, “apakah haji yang mabrur itu wahai Rasulullah , Rasulullah menjawab haji yang mabrur itu adalah, memberi makan kepada yang memerlukan dan menebarkan salam perdamaian,”(HR. Imam Ahmad).

Tujuan Janah

Wadah Janah juga bertujuan untuk syiar Bimbingan Haji agar KBIH NU Cilacap tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Kabupaten Cilacap pada umumnya, dan khususnya bagi para calon Jamaah Haji.

Janah berkantor bersama dengan KBIHNU di Sekretariat Pusdiklat PCNU Cilacap Jl. Raya Kalisabuk Km.15 Kesugihan 53274 Telp./Fax 0282 5263526.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

8 + 6 =

Back to top button