Huntara Warga Terdampak Tanah Bergerak Karanggintung Siap Dihuni

NU CILACAP ONLINE – Sebanyak 24 unit hunian sementara (Huntara) untuk warga terdampak tanah bergerak di Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu telah selesai tahap pembangunan dan siap dihuni oleh 24 kepala keluarga.

Huntara untuk korban terdampak bencana tanah bergerak merupakan program relokasi warga dan telah diresmikan pada Selasa (17/7/23) oleh PJ Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar.

Lokasi Huntara yang berada di Desa Karanggintung ini adalah program relokasi warga terdampak bencana tanah bergerak dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Cilacap dengan menggandeng beberapa lembaga dan perusahaan. Salah satunya NU Care LAZISNU Cilacap.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Pelaksana  BPBD Cilacap, Erna Suharyati mengungkap bahwa proses pembangunan telah hampir mencapai 100 persen.

“Sampai saat ini, kelengkapan fasilitas Huntara Karanggintung sudah hampir mencapai 100 % hanya masih ada kekurangan lampu PJU. Meski begitu, BPBD sudah mengkoordinasikan dengan Disperkimta dan akan segera diindaklanjuti,” ujar Erna.

“Kalau untuk air bersih, masih dalam pengawasan. Karena untuk mengisi water torn yang ukuran 3.100 liter, volume yang didapatkan sekali penyedotan hanya mampu mengisi setengahnya (1.500 liter). Sementara mulai subuh hingga pukul 14.00 WIB sudah melakukan penyedotan 2 kali,” sambung Erna.

Program NU Care LAZISNU

Dikonfirmasi NU Cilacap Online, Ketua NU Care LAZISNU Cilacap Wasbah Samudra mengatakan program ini merupakan program LAZISNU di bidang kemanusiaan.

“NU Care LAZISNU Cilacap yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan ikut serta sebagai pilar kebencanaan. Ada 24 KK terdampak sehingga ada 24 rumah huntara ditambah 1 mushala dan MCK,” ungkap Wasbah.

Pada program relokasi hunian warga ke Huntara Karanggintung ini LAZISNU juga menyiapkan instalasi air bersih dan finishing pada rumah hunian berupa kaca jendela juga karpet rumah dan mushala.

“NU Care LAZISNU Cilacap terlibat dalam pembuatan toilet umum sebanyak 8 toilet, kelengkapan rumah berupa kaca. Kemudian bantuan berupa 24 karpet, water torn 3.100 liter bersama PT Indonesia Power PLTU Adipala, dan instalasi air bersih,” terangnya.

LAZISNU Cilacap berperan aktif ikut serta dalam pilar kemanusiaan yaitu pembangunan Huntara Karanggintung yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Cilacap.

Untuk program ini LAZISNU Cilacap mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk turut berdonasi membantu keperluan mendesak warga penghuni Huntara Desa Karaggintung, Gandrungmangu.

Masyarakat yang ingin menyalurkan bantuannya dapat melalui nomor rekening BSI 7128 2188 87 ataupun Bank BRI di nomor rekening 0106 01 000667 567 atas nama Lazisnu Cilacap, konfirmasi donasi 081228221010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button