Awal Ramadhan 1445 H Pemerintah RI dan Arab Saudi Berbeda. Ini Alasannya

NU CILACAP ONLINE – Pemerintah RI melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024. Ketetapan itu diresmikan setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat bersama Ormas Islam di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad malam, 10 Maret 2024.

Sidang Isbat diprakarsai oleh Kementerian Agama, DPR yang membidangi Keagamaan yakni Komisi VIII, Majelis Ulama Indonesia (MUI), BMKG, BRIN, ahli falak dari sejumlah ormas agama Islam.

“Sidang isbat secara mufakat menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah  jatuh pada hari Selasa 12 Maret 2024,” ujar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam jumpa pers di kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Ahad, (10/3/2024).

Dijelaskan bahwa ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia berada pada posisi antara antara – 0 derajat 20,2 menit sampai 0 derajat 52,59 menit, dengan sudut elongasi 2 derajat 14,78 menit sampai 2 derajat 41,84 menit.

Berdasarkan ketentuan MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura), imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapatkan masukkan dan kritik sebelumnya.

Keputusan sidang isbat ini mengacu pada hasil pantauan atau rukyatul hilal yang digelar di 134 lokasi di seluruh Indonesia dengan hasil tidak satupun yang berhasil melihat hilal.

Awal Ramadhan di Arab Saudi

Hasil sidang isbat yang dilakukan Kemenag RI ini sekaligus mengonfirmasi bahwa awal bulan Ramadhan 1445 H yang ditetapkan pemerintah RI, berbeda dengan yang ditetapkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebelumnya.


Kerajaan Arab Saudi melalui Mahkamah Agung Kerajaan tetapkan 1 Ramadhan 1445 H pada Hari ini, Senin, 11 Maret 2024. Penetapan ini diambil setelah hilal berhasil dilihat di wilayah Sudair dan Al-Hariq pada Ahad waktu magrib, 10 Maret 2024.

Baca juga Inilah 99 Titik Lokasi Rukyatul Hilal Guna Penetapan Hari Raya Idul Fitri

Dikatakan, Mahkamah Agung Kerajaan telah menyerukan kepada warga Saudi untuk melakukan Rukyatul Hilal pada hari Ahad, 29 Sya’ban untuk menetapkan masuknya awal bulan Ramadhan pada tahun ini.

Berdasarkan seruan itu, siapapun yang berhasil melihat hilal, untuk memberikan laporan resmi dan diambil sumpahnya oleh Mahkamah Agung Kerajaan.

“Mahkamah Agung telah mengesahkan hasil penglihatan hilal dan mengumumkan bahwa Senin, 11 Maret 2024 adalah 1 Ramadhan 1445 H, Ramadhan Bulan Mubarakah,” tulis laporan resmi Mahkamah Agung Kerajaan demikian laporan media lokal Arab Khaleej News, dilansir Sabtu, 9 Maret 2024.

Dengan demikian, Penetapan awal Ramadhan pada tahun ini terjadi perbedaan antara Pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi. (IHA).

Baca juga Negara-negara Yang Telah Mengumumkan Hari Pertama Ramadhan 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button