Antologi NU

Antologi NU, Sejarah, Istilah, Amaliyah dan Uswah

Antologi NU, Sejarah, Istilah, Amaliyah dan Uswah, buku ini ini merupakan kompilasi dokumentasi tertulis perjalanan Nahdlatul Ulama (NU). Dari aspek sejarah NU, dituangkan sejarah kelahiran dan perkembangan NU; dari aspek Amaliyah NU dibahas sejumlah amalan-amalan ibadah / amaliyah / ubudiyah yang diyakini dan diamalkan oleh warga NU.

Dari aspek Uswah NU, disampaikan beberapa kisah-kisah keteladanan yang baik / uswatun khasanah dari para tokoh Ulama pendiri NU, Ulama yang berperan penting dalam peletakan fondasi NU dan ke-NU-an dari periode pra kemerdekaan hingga saat ini.

Sebagai organisasi sosial keagamaan / jamiyyah diniyyah ijtimaiyyah, di dalam Buku Antologi NU ini juga diperkenalkan bagaimana dinamika sejarah NU dari waktu ke waktu.

Sebagai organisasi sosial keagamaan, dalam NU terdapat banyak istilah baik yang terkait dengan kelengkapan organisasi maupun nama kebijakan atau keputusan yang pernah dikeluarkan oleh NU. Dalam buku ini dijelaskan ada 57 istilah. Istilah-istilah tersebut disebutkan secara alpabet.

Selain itu, buku ini juga menjabarkan beragam budaya dan amaliah warga NU. Sebuah budaya dan amaliah yang tidak terdapat, bahkan tidak dikenal di luar organisasi NU. Bahkan ada yang dianggap sebagai amaliah bid’ah. Sekadar disebutkan misalnya, di antaranya, barzanji, tahlil, tawassul, dan ziarah kubur. Seperti nama-nama istilah dalam NU tersebut, beberapa budaya dan amaliah warga NU ini juga dipaparkan secara alpabet dari A sampai Z.

Pada bab terakhir, yaitu bab IV pembaca juga disuguhi kisah singkat para tokoh atau kiai NU. Namun dalam buku ini hanya 49 tokoh yang disebutkan. Mereka memiliki peranan yang cukup besar dalam merintis dan mengawal langkah perjalanan panjang NU. Namun demikian, selain tokoh-tokoh tersebut sejatinya juga masih banyak NU yang tak kalah pentingnya.

Dari kisah singkat para tokoh ini, setidaknya kita, terutama warga NU dapat mengambil pelajaran penting (uswah) dari pernik-pernik kehidupan dan pengabdian mereka. Sebab, kontribusi mereka terhadap bangsa khusunya NU sangat besar. Menariknya, dalam buku ini juga dilengkapi beberapa gambar peristiwa, kegiatan NU, dan foto-foto para tokoh NU tersebut.

Sehingga, selain penampilan buku ini semakin menarik, yang terpenting, pembaca bukan hanya tahu namanya saja melainkan juga dapat mengetahui wajah para tokoh yang dipaparkan dalam buku ini. Buku ini sangat penting dimiliki oleh warga NU semuanya tanpa kecuali; karena dengan memiliki Buku ini, niscaya akan bertambah pemahamannya tentang NU dan ke-NU-an beserta dinamikanya.

Jika anda belum memiliki, di toko-toko Buku di sekitar anda tinggal, buku ini sangat mungkin tersedia. Atau, anda bisa langsung melakukan pemesanan ke penerbit KhalistaPublisher. Selamat membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

16 − 4 =

Back to top button