Trending

Risalah Aswaja KH Muhammad Hasyim Asy’ari (Bagian-1)

NU CILACAP ONLINE – Risalah Aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) KH Muhammad Hasyim Asy’ari, Rais Akbar Nahdlatul Ulama (NU) merupakan satu dari sejumlah karya pendiri Jamiyyah Nahdlatul Ulama (NU) ini.

Posisinya sebagai sebuah karya ke-Ulama-an penting untuk dijadikan sebagai referensi, utamanya oleh warga Nahdliyyin / warga NU.

Seperti halnya dengan Muqaddimah Qonun Asasi yang pernah ditampilkan di website ini, Risalah Aswaja ini mengupas tentang beberapa persoalan ke-Aswaja-an; seperti masalah Sunnah, Bid’ah, pentingnya bermazhab, mengikuti Ijma’ Ulama, mengetahui tentang hakikat Al Sawad Al A’dhom, pentingnya berorganisasi dan kaidah-kaidah Ahlussunah Wal Jamaah lainnya.

NU Cilacap Online NUCOM memposting artikel Risalah Aswaja ini dibagi ke beberapa bagian, guna menghemat space posting.

Berikut ini Risalah Aswaja Syeikh Hasyim Asy’ari Bagian-1.

Risalah Ahlussunnah Wal Jamaah

MUKADDIMAH

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji bagi Allah, ‘Al-Hamdulillah sebagai sebuah ungkapan rasa syukur atas segala anugerah – Nya, Rahmat ta’dzim dan keselamatan mudah-mudahan terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan seluruh keluarganya. Apa yang akan hadir dalam kitab ini, saya tuturkan beberapa hal antara lain : Hadits hadits tentang kematian dan tanda-tanda hari Qiamat, penjelasan tentang Al-Sunnah dan Al Bid’ah dan beberapa hadits yang berisi nasehat-nasehat agama.

Kepada Allah Dzat Yang Maha Mulia kutengadahkan jari-jemari dengan penuh kekhusyu’an, kumohonkan agar kitab ini memberikan manfaat untuk diri kami dan orang-orang bodoh semisal kami. Mudah-mudahan Allah menjadikan amal kami sebagai amal Sholihah Liwajhillah al-Kariem, karena Ia-lah Dzat yang Maha Dermawan penuh kasih sayang. Dengan segala pertolongan Allah Dzat yang disembah, penyusunan kitab ini dimulai.

1 2 3 4Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button