81% Calon Jemaah Haji 2019 Ikut KBIHNU

Jemaah calon Haji Kabupaten Cilacap yang mengikuti bimbingan Ibadah Haji bersama Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Nahdlatul Ulama (KBIHNU) Cilacap tahun 2019 meningkat tajam. Hal tersebut disampaikan oleh H. Wasimin Abd Rofiq, Sekretaris KBIHNU Cilacap dalam kesempatan Rakor Akhir Tahun PCNU Cilacap (31/12).

“Tahun 2018, jumlah calon jemaah haji Kabupaten Cilacap sebanyak 983 orang dan sejumlah 581 orang mengikuti KBIHNU. Tahun 2019 ini, tercatat 820 orang mengikuti KBIHNU dari total jumlah calon jemaah haji Kabupaten Cilacap sebanyak 1012 orang,” katanya.

H. Wasimin menegaskan, dari jumlah tersebut, kisaran 81% prosen dari total calon jemaah haji tahun 2019 ikut bimbingan ke KBIHNU. “Jumlah tersebut, setara dengan 2 (dua) Kloter. Ini prestasi yang luar biasa dan harus disyukuri, dengan tetap berusaha meningkatkan pelayanan kepada para calon jemaah haji” ungkapnya.

Akhir tahun 2018 ini, kegiatan manasik Haji untuk Tahun keberangatan 2019 sudah berjalan. Total pelaksanaan manasik sebanyak 10 (sepuluh) kali bimbingan di masing-masing distrik, meliputi distrik Kroya, Kesugihan, Cilacap, Kawunganten, Sidareja dan Majenang.

H. Wasimin berpesan, agar seluruh pengurus distrik KBIHNU memastikan para calon jemaah haji bisa meningkat pemahamannya tentang tata cara ibadah haji. Mereka juga diharapkan memahami rencana perjalanan haji tahun 2019 yang sudah diterbitkan oleh Kementerin Agama.

KBIHNU Cilacap juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mensosialisasikan bimbingan ibadah haji. Utamanya kepada para pengurus distrik KBIHNU se Kabupaten Cilacap yang telah berhasil merekrut para calon jemaah haji ke KBIHNU.

Di tahun 2019, KBIHNU akan memasuki usia ke 16 tahun pelayanan bimbingan ibadah haji. Pada usia 8 tahun pertama, telaah dilaksanakan peringatan sewindu KBIHNU. Pada tahun 2019 ini, Kami juga merencanakan untuk melaksanakan kegiatan 2 (dua) windu KBIHNU.

Berkaitan dengan wafatnya ketua KBIHNU, KH. M. Syuhud Muhcson L.C., M.H., H. Wasimin menyatakan, sudah dikonsultasikan oleh KBIHNU kepada Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Cilacap. “Dalam waktu dekat, akan ada penetapan pengurus KBIHNU antarwaktu,” pungkasnya. (B.Aji)

About admin

Admin Utama Situs Islam Aswaja: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Check Also

musibah haji

9 Musibah Haji Yang Pernah Terjadi di Mekah

Ada 9 Musibah Haji yang pernah terjadi di Mekah. Beberapa musibah diketahui menyebabkan pembatalan Haji, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.