13 Februari Hari Persatuan Farmasi Nasional, Ini Sejarahnya

NU CILACAP ONLINE – Hari Ahad bertepatan tanggal 13 Februari 2022 diperingati sebagai Hari Persatuan Farmasi Nasional. Fakta menyebutkan bila kanyataannya ahli farmasi di Indonesia telah muncul pada awal kemerdekaan bahkan turut membantu perjuangan melawan penjajahan.

Hari Persatuan Farmasi Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 13 Februari. Hari Persatuan Farmasi merupakan momen yang menandakan perjuangan bangsa untuk memperbaiki dan menambah sumber daya manusia di bidang farmasi dari segi kualitas maupun kuantitas.

Persatuan Farmasi Nasional

Hari ini dibuat untuk memperingati lahirnya organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Sesungguhnya Ahli Farmasi Indonesia ada sejak proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Menurut situs web pafi.or.id, PAFI telah berjuang bahu membahu dengan semua golongan masyarakat, untuk melenyapkan penjajahan dari muka bumi Indonesia, serta turut aktif mempertahankan NKRI dan kemudian ikut serta dalam pembangunan masyarakat dan negara. Oleh karena itu Ahli Farmasi Indonesia merupakan salah satu potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan Negara.

Di samping tugas keseharian, Ahli Farmasi Indonesia tetap ikut serta mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya di bidang kesehatan masyarakat dan farmasi. Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dibentuk pada 13 Februari 1946, di Yogyakarta.

Organisasi ini merupakan wadah untuk menghimpun semua tenaga yang bakti karyanya di bidang farmasi. PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di NKRI yang berazaskan Pancasila.

PAFI adalah organisasi profesi yang bersifat kekaryaan dan pengabdian. PAFI memiliki beberapa tujuan:

    1. Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
    2. Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.
    3. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia.
    4. Meningkatkan kesejahteraan anggota.

HALO PAFI Adalah Call Center

Sejarah PAFI

Sejarah Organisasi Farmasi PAFI menghimpun Tenaga Ahli Farmasi Profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia, sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). PAFI dibentuk 6 bulan setelah Indonesia merdeka di Hotel Merdeka Yogyakarta. Sebagai anggota pendiri yang berjasa diangkatlah Ketua PAFI pertama, Zainal Abidin.

Baca juga Tema Dan Makna Logo Hari Pers Nasional 2023

PAFI merupakan organisasi farmasi tertua di Indonesia, bahkan Profesi Asisten Apoteker lebih dahulu muncul keberadaannya daripada profesi apoteker. Karena pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, hanya pendidikan Asisten Apoteker yang mampu dijalankan, bahkan rintisannya harus dididik langsung di negeri Belanda.

HALO PAFI

HALO PAFI Adalah Call Center yang digagas oleh PAFI Cabang Gorontalo sebagai Wadah Informasi dan Solusi Seputar permasalah Kefarmasian bagi Anggota PAFI dan Sejawat Kefarmasian
Bentuk komitmen pendekatan ke anggota dan peran serta PAFI kepada masyarakat dalam hal :
– Layanan Pengaduan dan Keluhan Kefarmasian
– Pelayanan Informasi Obat
– Informasi Lowongan Kerja Kefarmasian
– Info Tenaga Teknis Kefarmasian
Bagi Anggota PAFI Cabang Gorontalo dan Rekan Sejawat, silahkan manfaatkan bersama HALO PAFI

Selamat Hari Persatuan Farmasi Nasional, 13 Februari 2022. Teruslah berjuang sebagai ahli farmasi yang profesional.

Penulis: Naeli Rokhmah
Editor: Munawar AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button