Tema Dan Makna Logo Hari Pers Nasional 2023

NU CILACAP ONLINE – Tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional 2023 – dengan Tema Dan Logo penuh makna— yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Pada tahun ini, Kota Medan, Sumatera Utara terpilih sebagai tempat Peringatan Hari Pers Nasional.

Laman Pusat Informasi Hari Pers Nasional 2023 melansir rangkaian peringatan tahun ini, di antaranya: Workshop, seminar, dan berbagai acara dialog. Topik tersebut tercetus oleh banyak tokoh pers nasional dengan tujuan sebagai salah satu pengingat akan kehadiran dan peran pers nasional.

Sejarah Hari Pers Nasional

Mengingat sejarah penetapan Hari Pers Nasional pada 9 Februari ini tidak dapat terlepas dari berdirinya PWI pada 9 Februari 1946. Dalam Kongres PWI ke-28 di Padang, Hari Pers Nasional menjadi salah satu topik pembahasan. Dalam kongres itu lah, isu tentang Hari Pers Nasional tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memperingati kehadiran dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional.

Hari Pers Nasional berawal dari sejarah pers nasional sejak masa pergerakan menuju kemerdekaan. Waktu itu wartawan memiliki dua peran sekaligus dalam rangka mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Pertama, wartawan sebagai aktivis pers yang melaksanakan tugas-tugas pemberitaan dan penerangan demi membangkitkan kesadaran nasional.

Kedua, wartawan sebagai sebagai aktivis politik yang melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan, serta membangun perlawanan rakyat terhadap penjajahan.

Baca juga Hari Anti Narkoba Internasonal

Salah satu tokoh perintis pers nasional adalah Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo (Blora, 1880-1918). Namanya kini dikenal sebagai Bapak Perintis Jurnalistik Nasional atas jasanya sebagai perintis jurnalistik nasional.

Secara resmi, sejarah Hari Pers Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 1985 oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985. Keppres tersebut menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Baca juga 14 Februari Tanggal Lahir KH Hasyim Asy’ari

Hingga kini, setiap tanggal 9 Februari masyarakat Indonesia memperingati Hari Pers Nasional. Khususnya, memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI). Setiap tahunnya, dewan pers menyelenggarakan peringatan Hari Pers Nasional secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia.

Tema, Makna Logo Hari Pers Nasional 2023

Dalam Hari Pers Nasional 2023, PWI mengusung tema “Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat”. Sedangkan, logo Hari Pers Nasional 2023 berupa pita yang memiliki warna merah pada huruf H dan N.

Kemudian, huruf P yang berada di bagian tengah berwarna-warni dan bertaut dengan huruf H dan N. Gambar harimau yang mengenakan baju Oholu dan memegang pena merah, serta berkalung kamera.

  • Huruf (P) yang berwarna-warni memiliki makna keragaman komponen pers, sekaligus menegaskan kemeriahan peserta.
  • Untaian pita yang membentuk HPN memiliki arti sebagai lambang pesta raya masyarakat pers, sedangkan jalinan pita sebagai sinergi antar komponennya.
  • Baju Oholu merupakan pakaian adat dari Nias yang melambangkan kekuatan, keberanian, dan kapabilitas para prajurit yang harus menjiwai pers nasional.
  • Harimau sebagai fauna khas Sumatera yang dilindungi.
  • Pena merah sebagai simbol kerja-kerja pers di tanah air dalam meningkatkan kompetensi.
  • Kamera sebagai salah satu alat jurnalistik yang menggambarkan teknologi dalam jurnalistik.

Media NU Cilacap Online mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2023. Pikiran dan hati yang menyatu. Itulah gambaran kinerja para jurnalistik demi menyebarkan wawasan dan pelita bagi seluruh masyarakat. Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2023.

Redaksi NU Cilacap Online NUCOM ikut mengucaapkan Semat Hari Pers Nasional tahun 2023. Semoga membawa kabar berita dan kebebasan yang penuh tanggungjawab. (Khayaturrohman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button