Riang Gembira, Fatayat NU-Ansor Adipala Berbagi Takjil

NU CILACAP ONLINE – Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah, bulan dilipatgandakannya pahala setiap amal kebaikan. Salah satunya adalah dengan memberi makan bagi orang yang berbuka puasa. Untuk itu Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU dan PAC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Adipala, saling bersinergi mengadakan kegiatan bagi takjil gratis.

Kegiatan ini berpusat di depan gedung MWCNU Adipala dengan menggandeng Majelis Khidmah Asmaul Husna (MKAH) Syifaul Qulub Kecamatan Adipala, pada Ahad, (9/4/2023).

Bagi takjil ini merupakan rangkaian peringatan Harlah ke-73 Fatayat NU dan Harlah ke- 89 GP Ansor Kecamatan Adipala.

Menurut ketua MKAH Syifaul Qulub Kecamatan Adipala, Kiai Muhammad Ikhsan, kepada NU Cilacap Online menyampaikan keutamaan berbagai takjil. Rasulullah SAW bersabda .

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi,Ibnu Majah dan Ahmad).

Maksud dari hadist diatas menjelaskan pahala memberi makan atau berbagi takjil kepada orang yang sedang berpuasa sama seperti orang yang berpuasa.

Hal senada disampaikan oleh Torik, ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Kecamatan Adipala.

“Cara yang paling mudah dan efektif serta terjangkau untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadhan yang penuh adalah dengan berbagi takjil. Meskipun hanya dengan satu buah kurma sudah menjadi pahala bagi yang memberikan,” ucap Torik.

Torik juga mengatakan bahwa Makanan takjil dihimpun dari para donatur, kader-kader Ansor-Fatayat serta para pengurus MKAH Kecamatan Adipala.

“Takjil ini kita kumpulkan dari para donatur dan Pimpinan Ranting Ansor maupun Fatayat NU se-Kecamatan Adipala serta dari pengurus MKAH juga, yang kemudian kita kemas bersama,” terangnya.

PAC Fatayat NU Adipala Berbagi Takjil

Dari pada donatur terkumpul kurang lebih seribu lima ratus bungkus takjil yang sudah dikemas dalam kantong plastik dan dibagikan kepada pengguna jalan yang lewat.

Baca juga Berbagi Takjil Menumbuhkan Kedermawanan

Aneka jenis takjil dari mulai sop buah, kolek, bubur, es kuwut, puding kelapa dan berbagai jenis snack langsung dibagikan kepada pengguna jalan yang melintasi jalan Raya Srandil dan jalan Pahlawan.

Menurut ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Adipala, Eti Sri Sulastri, mengungkapkan bahwa kegiatan ini rutin tiap tahun. Akan tetapi saat pandemi terpaksa ditiadakan.

“Kegiatan bagi takjil sudah berjalan tiga kali tiap tahunnya kecuali pada saat pandemi dan biasanya kita pusatkan di terminal Adipala. Tapi mengingat lalu lintas di sana cukup ramai jadi kami pindahkan di gedung MWCNU Adipala,” terang Eti.

Kegiatan bagi takjil diakhiri dengan buka bersama di Gedung MWCNU Adipala yang beralamat di Jl. Pahlawan Desa Adirejakulon. (Fathin A/Rhmn)

Baca juga Banom NU Majenang Bersinergi, Bagikan Takjil Di Bulan Suci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button