MWCNU

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Karangpucung

MWCNU Karangpucung, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Karangpucung Cilacap merupakan salah satu Struktur Organisasi NU di tingkat Kecamatan di bawah naungan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap.

Kecamatan Karangpucung di Kabupaten Cilacap merupakan salah satu wilayah dengan multi-kultur; khususnya dalam tradisi dan bahasa. Sebagian warga kecamatan Karangpucung berbahasa Jawa. Sebagiannya lagi berbahasa Sunda. Sementara itu, mayoritas penduduk Kecamatan Karangpucung adalah petani.

Perjumpaan kultur bahasa yang berbeda dikuatkan dengan tradisi, khususnya tradisi keagamaan yang berkembang dan menjadi amaliyah sehari-hari. Mereka adalah umat Islam yang menganut paham keagamaan Islam Aswaja (Ahlussunnah wal Jamaah) yang dikembangkan oleh organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Sebagian besar wilayah pedesaan di Karangpucung berada di pegunungan; ini karena kontur geografis yang sebagian pegunungannya sambung menyambung. Di wilayah inilah Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Karangpucung menjalankan amanat organisasi NU; mendakwahkan Islam Aswaja dan menguatkan tradisi keberagamaan Islam yang moderat.

Bagaimana perkembangan organisasi Nahdlatul Ulama di Karangpucung di bawah kepemimpinan Pengurus MWCNU Karangpucung?

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button