Daerah

Madin Tarbiyatul Athfal Patimuan Gelar Istighotsah Ihsaniyah

Keluarga besar Taman Pendidikan Alqur’an (TPQ) dan Madrasah Diniyah (Madin) Tarbiyatul Athfal Patimuan mengggelar Istighotsah Ihsaniyah dan doa bersama. Acara ini digelar dalam rangka tasyakuran renovasi gedung TPQ Madin Tarbiyatul Athfal dan musholla Al Hidayah yang berlokasi di dusun Nusawuluh RT 03/04 Patimuan Cilacap (Kamis, 09/12/2021).

Istighotsah dan tasyakuran sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah SWT karena doa tidak bisa terpisahkan dari usaha lahiriyah. Selain itu kegiatan ini adalah salah satu dari amalan Paham Ahlussunah wal Jamaah ala Nahdlatul Ulama.

Acara istighotsah dan doa bersama dipimpin oleh ustadz Abdul Kholik, S.Pd.; selaku kepala lembaga dan diikuti seluruh keluarga besar TPQ Madin Tarbiyatul Athfal Patimuan mulai dari jama’ah musholla Al Hidayah, pengurus ranting NU Patimuan dan warga sekitar. Diawali dengan sambutan dari kepala lembaga; ustadz Abdul Kholik, S.Pd.

Dalam sambutannya Ustad Kholik mengungkapkan rasa syukur kepada Allah swt yang sampai saat ini sudah memberikan anugerah-Nya begitu banyak kepada keluarga besar TPQ Madin Tarbiyatul Athfal Patimuan. Dia juga mengucapakn terimakasih kepada para relawan dan donatur yang telah mendukung pembangunan.

“Terimakasih telah memberikan dukungan dalam membangun TPQ dan Madin. Terimakasih juga kepada masyarakat yang terus  memberikan kepercayaan kepada TPQ Madin Tarbiyatul Athfal Patimuan sebagai patner masyarakat dalam berdakwah di bidang pendidikan agama,” kata Ustad Kholik.

“Pelaksanaan istighotsah ihsaniyah ini sebagai langkah nyata dalam rangka melaksanakan trilogi satu kesatuan yaitu ikhtiar, doa dan tawakal,” lanjutnya.

Istighotsah Ihsaniyah

Pada kesempatan itu, Ustadz Abdul Kholiq juga menjelaskan kepada jama’ah terkait Dzikir Istighotsah Ihsaniyah. Katanya, Istighotsah Ihsaniyah pertama kali berdiri pada tahun 1998 di kota Banyuwangi oleh Gus Abdul Latief Muhammad.

“Beliau adalah salah satu cucu Kiai Ihsan. Ihsaniyah sebagai nama dinisbatkan kepada nama Kiai Ihsan, kakeknya Kiai Ihsan ibn Dahlan. Beliau; Kiai Ihsan bukan saja ulama’ yang cukup terkenal, tapi sekaligus salah satu orang suci wali Allah,” ungkapnya

Selepas sambutan, tersambung dengan pembacaan washilah dan istighotsah ihsaniyah yang menjadi inti acara. Meski sederhana namun acara berjalan khidmat dan jamaah larut dalam lantunan dzikir dan doa. Harapan kedepan TPQ Madin Tarbiyatul Athfal Patimuan tetap istiqomah dalam berdakwah dan berkhidmat kepada masyarakat; serta semoga selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Istighotsah dan tasyakuran ditutup dengan pemotongan tumpeng dan kenduri; yang memiliki makna menyatupadukan dan membangun bersama dengan menjaga ukhuwah Islamiah, ukhuwah basyariyah dan ukhuwah wathoniyah.

Kontributor: Fauzan R
Editor : Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button