Feature & Figur

Syukuran IJOP, MA Darussalam Klumprit Gelar Kenduri

Suasana cerah menyelimuti komplek Gedung Mts Darussalam Klumprit. Tak tampak aktifitas siswa karena memang masih liburan kenaikan kelas. Namun kesibukan terlihat di ruang aula yang terletak di bagian belakang Gedung. Bangunan yang lebih mirip rumah limasan itu tampak tertata rapih dengan kursi yang berjajar. Hari itu, Sabtu (6/7/2022) acara kenduri bersama digelar sebagai bentuk rasa syukur atas keluarnya Ijin Opersional (IJOP) Madrasah Aliyah (MA) Darussalam) Klumprit.

MA Darussalam merupakan Lembaga Pendidikan setingkat SMA di bawah naungan Pesantren Darussalam Klumprit. Lembaga ini telah berdiri sekitar 3 tahun yang lalu, namun baru kali ini SK Ijop resmi dikeluarkan oleh pemerintah. Hal yang patut disyukuri sehingga pihak yayasan merasa perlu menggelar selametan dalam bentuk kenduri.

Hari telah beranjak siang saat tamu-tamu berdatangan. Mereka adalah tokoh masyarakat setempat. Tampak di antara mereka Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Cilacap H Imam Tobroni. Ia didampingi Kasi Penma H Aid Mustaqim. Tampak juga anggota DPRD Cilacap Sriyani. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Pengasuh Pesantren Darussalam KH Miftahudin dan para pengurus Yayasan Darussalam. Acara pun segera dimulai.

Kenduri MA Darussalam

Dalam sambutannya, KH Miftahudin mengungkap bahwa usaha mendirikan MA Darussalam merupakan bentuk tafaqquh fiddin. Di mana di dalamnya menawarkan pendidikan agama sebagai bekal membentuk generasi yang shalih. Untuk itu beliau memohon restu dan dukungan kepada hadirin agar keberadaan MA Darussalam diterima di tengah-tengah masyarakat sehingga misi tafaqquh fiddin akan terlaksana.

H Imam Tobroni sangat mengapresiasi acara hari itu. Ia mengaku bangga dengan berdirinya MA Darussalam apalagi Lembaga tersebut berbasis pesantren yang tentunya menjadi nilai plus tersendiri.

“Saya merasa bangga atas berdirinya MA Darussalam, ini menjadi akses belajar bagi anak-anak di wilayah Cilacap bagian timur. Apalagi MA Darussalam ini  berbasis pesantren ini adalah usaha KH Miftahudin bersama jajarannya, dan didukung oleh masyarakat Desa Klumprit ini,” ungkapnya.

H Imam Tobroni yang juga Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap ini mengimbai masyarakat agar mendukung MA Darussalam. Ia optimis Lembaga tersebut mampu menjadi percontohan untuk menjadi madrasah terbaik di kabupaten Cilacap.

“Mari kita dukung agar madrasah ini menjadi role model (percontohan) menjadi madarasah terbaik di kabupaten, ini adalah citra-cita mulia, mari kita dukung,” tegasnya.

Serah terima SK Ijop pun dilakukan oleh H Imam Tobroni dan diterima oleh Ketua Yayasan Darusslam Samiran M.Pd. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Acara hari itupun diakhiri dengan acara ramah tamah dan makan siang sembari menikmati sejuknya angin pesawahan. (Naeli Rokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button