Hj Wardah Shomita: Perbanyak Dzikir di Bulan Ramadhan

NU CILACAP ONLINEDi bulan Ramadhan dianjurkan memperbanyak dzikirkarena bisa dan akan mendatangkan banyak keutamaan dan tentunya pahalanya berkali lipat lebih banyak dibandingkan di bulan-bulan lainnya.

Semuanya tentunya menginginkan kesuksesan keselamatan di dunia dan di akhirat sebagai upaya untuk menggapai semuanya itu. Di samping kita selalu menjaga shalat lima waktu juga kita selalu menjaga kewajiban-kewajiban kita sebagai hamba Allah.

Selain itu banyaklah mengingat banyaklah berpikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena dzikir menurut alquranul Karim cara supaya kita sukses mencapai apa yang kita inginkan. Seperti Allah berfirman

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung. (Al anfal;45)

Sejarah mencatat setiap Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersama para sahabatnya ketika menghadapi Perang musuh bersama musuh para kafir, Rasulullah selalu dzikir mengucapkan Subhanallah Allahu Akbar maka kemenangan akan diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Baca juga Esensi Ramadhan

Bagi penjual pedagang pekerja pelajar atau ibu rumah tangga, bila menginginkan keberkahan menginginkan berkah dunia akhirat lahir dan batin maka perbanyaklah dzikir dan selalu menjaga shalat. Bagi yang menginginkan meninggal husnul khotima,h meninggal membawa iman, perbanyaklah membaca kalimah Lailahaillallah.

Rasulullah pun bersabda: “Ingatlah Iman di dalam hatimu bisa lemah bahkan rusak sebagaimana baju yang kalian pakai ketika kena panas dan hujan lama-lama juga bisa rusak. Maka sering-seringlah memperbarui Iman. memperkuat Iman memperbaiki iman,”.

Para sahabat bertanya,”Dengan apa ya Rasulullah, Rosul bersabda, “Perbanyaklah membaca dzikir Lailahaillallah bagi yang ingin dosanya diampuni banyaklah berdzikir. Datangilah tempat-tempat dziki.

Baca juga Khutbah Rasulullah Akhir Bulan Sya’ban Menyambut Ramadhan

Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari Rasulullah bersabda; “Allah punya malaikat yang ditugaskan berkeliling mencari majelis-majelis berdzikir. Ketika sudah menemukan malaikat menunggu sampai selesai. Kemudian melaporkan kepada Allah dan Allah menyatakan yang hadir di Majelis Dzikir itu saya ampuni dosa-dosanya.

Bagi yang ingin amalnya lebih berat timbangannya Besok di Akhirat kelak banyaklah berdzikir. Imam Bukhari meriwayatkan dalam Bulughul Maram, “Ada dua kalimat yang diucapkan ringan di lisan tapi berat di timbangan. Dua kalimat itu dicintai oleh Allah yaitu kalimah Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim.

Yang terakhir bagi yang ingin tentunya semuanya mempunyai cita-cita masuk surga dengan menerima pahala yang sebanyak-banyaknya perbanyak dzikir kalimah La haula wala quwwata illa Billah.

Nabi pernah bersabda: Hai Abu Musa Al Asy’ari maukah anda saya tunjukkan gudangnya syurga? Abu Musa menjawab “Nggih, Ya Rasulullah,”. Kemudian Nabi bersabda, “Perbanyaklah membaca lafal La haula wala quwwata illa Billah.”

Semoga kita bisa menjaga iman kita, berkah hidup kita, menjaga shalat menjaga kewajiban-kewajiban kita sebagai hambanya Allah dan selalu meluangkan waktu untuk berdzikir mengingat memperbanyak dzikir kepada Allah sampai akhir bulan. (Nyai Hj. Wardah Shomita/n43ly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button