Daerah

Hari Jadi Ke 165 Tahun Kabupaten Cilacap, 21 Maret 2021

Hari jadi ke 165 tahun Kabupaten Cilacap diperingati pada Minggu tanggal 21 Maret 2021. Rangkaian peringatan memasuki acara pokok, Sabtu (20/3/2021). Kegiatan diawali semaan dan khataman Al-Qur’an di Masjid Agung Darusalam Cilacap mulai pukul 07.00 WIB, dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, beserta jajaran Forkopimda.

Semaan Al-Qur’an merupakan rangkaian acara pokok yang menjadi agenda rutin pada tiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran untuk membaca dan menghafalkan Al-Qur’an, meningkatkan religiusitas masyarakat Cilacap, serta memupuk semangat kaum muslimin untuk mencintai Al-Qur’an.

Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan ketat. Usai mengikuti kegiatan khotmil Al-Qur’an, Bupati beserta Forkopimda dan sejumlah pejabat berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Surengrono Jeruklegi. Di tempat ini, rombongan yang dipimpin Bupati menggelar upacara tabur bunga.

Usai berziarah ke TMP Surengrono, rombongan juga berziarah ke makam mantan Bupati Cilacap di tempat pemakamam umum Karangsuci. Rangkaian acara pokok akan berlanjut pada Minggu (21/3/2021) tepat di Hari Jadi, diawali upacara bendera.

Agar semakin khidmat, segenap pejabat dan ASN di Kabupaten Cilacap menggelar upacara bendera dengan busana tradisional. Upacara digelar di halaman Pendopo Wijayakusuma dipimpin Bupati, diikuti Forkopimda dan segenap pejabat jajaran.

Sedangkan ASN juga turut menggelar upacara peringatan hari jadi di kantor dinas/instansi masing-masing. Usai upacara, DPRD Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Paripurna terkait Hari Jadi Kabupaten Cilacap. Acara ini mengagendakan penyerahan lambang daerah dari DPRD kepada Pemkab Cilacap, sebagai lambang penyerahan mandat masyarakat kepada pemerintah.

Baca Juga : RM Adipati Arya Tjakra Sewaya Bupati Cilacap Ke 5

Hari jadi ke 165 tahun Kabupaten Cilacap

Sejak Senin (15/3/2021) rangkaian kegiatan pendukung peringatan hari jadi tersebut bergulir. Untuk Rabu (17/3/2021) panitia bersama Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menyambangi Kecamatan Cipari, Sidareja, Kedungreja, dan Patimuan dalam agenda yang sama.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman menyampaikan terimakasih kepada segenap panitia dan donatur yakni BAZNAS Kabupaten Cilacap dan BPD Bank Jateng, sehingga peringatan hari jadi Kabupaten Cilacap tetap terlaksana meski secara sederhana. Sedangkan kepada peserta, Wakil Bupati memberikan dorongan semangat agar yang bersangkutan tetap optimistis menjalani hidup.

“Kepada anak-anakku, khitan merupakan jalan menuju kedewasaan. Sehingga setelah dikhitan, lebih rajin lagi beribadah dan patuh kepada orang tua. Kepada si mbah yang hadir, doakan kami para pamong di Pemkab Cilacap agar tetap amanah dalam mengemban tugas”, kata Wabup.

Khitanan massal diikuti sekitar 10 bujang sunat di tiap kecamatan. Demikian pula dengan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa, diberikan alokasi masing masing untuk 10 penerima. Sedangkan bedah rumah, Pemkab Cilacap mendapatkan dukungan dari BAZNAS Kabupaten Cilacap masing masing 1 unit tiap kecamatan sebesar Rp 11,5 juta.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama dan Crew NU Cilacap Online Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Cilacap 21 Maret 2021.

Baca Juga >> Rangkaian Kegiatan Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Cilacap Ke-166

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button