Berita

LPTQ Jateng Bina Qori-Qori’ah Cilacap

pcnucilacap.com. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Provinsi Jawa Tengah (LPTQ Jateng) melakukan pembinaan pelatihan tilawatil Qur’an untuk qori-qori’ah Cilacap pada Kamis (1/10/20).

Bertempat di gedung Jalabhumi Cilacap, kegiatan terlaksana atas kerjasama antara organisasi Ikatan Persaudaraan Qori-Qori’ah (IPQOH) Cilacap dengan Pemkab, Baznas, dan Kemenag Cilacap.

Pelatihan yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti oleh 47 peserta, dengan rincian 30 peserta tilawah, 11 peserta tahfidz dan 6 peserta tafsir.

Pembukaan dihadiri oleh Ketua LPTQ Provinsi Provinsi Jawa Tengah Ahyani, Asisten Ekonomi Pembangunan Sekda Cilacap Wasi Ariyadi, perwakilan Kantor Kementerian Agama, Baznas, dan ketua IPQAH Kabupaten Cilacap KH. Zaenal Arifin.

LPTQ Provinsi Jawa Tengah memilih Kabupaten Cilacap sebagai salah satu dari tujuh Kabupaten/Kota sebagai tujuan safari pembinaan tilawatil Qur’an. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Cilacap Farid Ma’ruf pada saat membuka acara.

Farid juga mengatakan bahwa pembinaan berupa pelatihan tilawatil Qur’an ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas penguasaan tilawah bagi para qari/qariah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi di ajang MTQ baik tingkat provinsi maupun nasional

Lebih lanjut, Farid Ma’ruf menyampaikan bahwa  kegiatan ini sangat penting dan strategis sebagai sarana menumbuh kembangkan semangat dan minat baca Al-Quran.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan isi kandungan Al-Quran, untuk dijadikan pegangan dan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sekaligus mempersiapkan generasi qur’ani yang berkemampuan menerapkan gerakan dakwah Islam rahmatan lil’alamin,” kata Farid Ma’ruf.

Pembinaan Tilawah Menjadi Ajang Menyeleksi Qori-Qori’ah Terbaik

Farid Ma’ruf juga menjelaskan bahwa  kegiatan ini sekaligus sebagai ajang seleksi dalam mencari bibit-bibit qori dan qoriah yang terbaik di Kabupaten Cilacap. Salah satu dari peserta pembinaan bahkan akan mengikuti MTQ Nasional.

“Kita patut bersyukur, karena salah satu putra terbaik Kabupaten Cilacap yaitu ananda Nauval Zaenal Adzkiya di tahun 2019 telah berhasil meraih juara 1 tingkat Jawa Tengah kategori tilawah remaja putra, dan insyaallah akan mengikuti MTQ Nasional XXVIII tahun 2020 di Sumatera Barat,” tambah Farid.

Lebih lanjut Farid Ma’ruf berharap agar qori/qoriah yang mengikuti pembinaan tilawatil Qur’an ini agar termotivasi untuk mensyiarkan dan mengajarkan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar.

“Saya berharap agar kegiatan pelatihan MTQ ini bukan hanya sebagai kegiatan rutin, namun yang lebih penting adalah menjadikan MTQ sebagai motivasi bagi umat Islam Kabupaten Cilacap untuk membumikan Al Quran dalam dunia nyata, menjadikannya sebagai pedoman dalam menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis,” pungkasnya.

Show More

Naeli Rokhmah

Editor Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online. Menulis dan berkarya. Berkhidmah tak terlekang ruang dan waktu. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button