Wisudawan UNUGHA Diingatkan 5 Pesan Muassis Ya BAKII

NU CILACAP ONLINE – Rapat senat Wisuda Strata 1 Universitas Nahdlatul Ulama Alghazali, UNUGHA Cilacap ke-6 tahun akademik  2022-2023 sukses digelar. Dalam kesempatan tersebut wisudawan diingatkan dengan 5 pesan Muassis atau pendiri Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah (Ya BAKII).

Ya BAKII merupakan yayasan yang menaungi UNUGHA bersama dengan ratusan instansi sekolah dari tingkat TK, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Di hadapan para wisudawan, KH Lubbul Umam yang merupakan ketua Badan Pengelola penyelenggara UNUGHA Cilacap menyampaikan harapannya agar para alumni mampu menerapkan ilmunya di masyarakat.

“Pesan untuk wisudawan, bagaimana kalian menjawab tantangan jaman, saya berharap kalian bisa menerapkan ilmunya dengan baik. Tidak ada kebanggaan lain bagi seorang dosen ketika mahasiswanya bisa menerapkan ilmunya dan diterima di masyarakat,” katanya.

5 Pesan Muassis Ya BAKII

Lebih lanjut KH Lubbul Umam yang juga ketua Ya BAKII d mengimbau agar para alumni memegang teguh pesan muassis Ya BAKII KH Mustolih Badawi almarhum. Ia menyebut ada lima pesan Muassis Yabakii yang perlu perhatikan.

“Pertama, jaga keimanan. Kalian para wisudawan adalah makhluk allah. Maka di manapun kalian berada masih ada sujud kepada Allah. Artinya masih ada iman di dada kalian. Karena tanpa iman, kalian tidak ada apa-apanya,” ujarnya.

“Kedua, kalian dilahirkan di bumi tercinta bumi Indonesia. Maka curahkan semua kemampuan kalian untuk bisa menjadi warga negara baik, yg tentunya tidak akan bertentangan dengan pedoman atau azas- asaz yang ada dalam Negara Republik Indonesia,” lanjutnya.

“Ketiga, jadilah kebanggan orang tua. Kalian harus bisa membanggakan kedua orang tua, selain itu kalian juga berbakti kepada orang tua. Kalian berhasil mendapatkan strata satu adalah keberhasilan orang tua,” tuturnya.

“Keempat jaga nama baik UNUGHA. Hormatilah jasa-jasa orang yang telah menghantar kalian menuju strata satu hari ini. Apa yang ada di UNUGHA tolong jaga lebih baik,” sambungnya.

“Kelima jadilah orang yang bermanfaat di masyarakat. Jangan menjadi beban di masyarakat, apalagi membuat kekisruhan di masyarakat,” tegasnya.

Inilah pesan YABAKII kepada para wisudawan, kalau kalian berpedoman pada lima hal ini, insyaallah di mana kalian berada akan mendapatkan pertolongan dari Allah. Semoga apa yang menjadi muassis Ya BAKII akan dapat menjadi panduan dengan sebaik baiknya sebagai wisuda UNUGHA ke enam ini. (Naeli Rokhmah)

Baca juga 191 Lulusan UNUGHA Cilacap Mengikuti Wisuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button