Umroh Dibuka Kembali? Ini Tanggapan Al Ma’wa NU Tour And Travel

pcnucilacap.com – Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan rencana pencabutan penangguhan izin pelaksanaan umrah secara bertahap.

Seperti diketahui, Arab Saudi telah menangguhkan izin pelaksanaan umrah sejak Maret 2020 untuk menahan penyebaran virus corona. Selain itu, pada pelaksanaan haji tahun ini, Arab Saudi juga memberlakukan sejumlah ketentuan baru. Termasuk diantaranya adalah pengurangan jumlah jemaah hingga protokol kesehatan seperti social distancing.

Sebagaimana dilansir dari Arab News, Minggu (13/9/2020), Pemerintah Arab Saudi juga akan mencabut penangguhan penerbangan internasional pada 15 September 2020. Penangguhan ini dicabut setelah 6 bulan diberlakukan kebijakan pembatasan perjalanan.

“Kerajaan akan mengakhiri seluruh pembatasan pada transportasi udara, darat, dan laut setelah 1 Januari tahun depan”. Kata pihak Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Sementara itu, warga Timur Tengah dan non-Saudi dengan izin tinggal “iqama” atau visa kunjungan dapat masuk ke wilayah kerajaan mulai 15 September 2020. Tentunya dengan ketentuan syarat telah dinyatakan negatif Covid-19 dalam 48 jam terakhir.

Adapun “kategori luar biasa” untuk pegawai pemerintah dan militer, kedutaan asing, orang-orang yang membutuhkan pengobatan.  Juga akan diizinkan masuk dan keluar dari wilayah Saudi mulai 15 September 2020.

Disamping itu, keluarga-keluarga yang harus terpisah akibat penguncian wilayah (lockdown). Diperbolehkan melakukan perjalanan untuk kembali bertemu dengan anggota keluarganya di wilayah lain dari kerajaan. Otoritas memasukkan mereka dalam kategori kasus humanitarian.

Warga Saudi dengan izin tinggal di luar kerajaan juga diizinkan melakukan perjalanan. Sebelumnya, penangguhan penerbangan internasional yang dilakukan oleh Arab Saudi membuat banyak orang yang harus terdampar di luar negeri.

Al Ma’wa NU Tour And Travel Angkat Suara

Menanggapi informasi rencana pencabutan penangguhan izin umroh oleh pemerintah Arab Saudi. Direktur Biro Al Ma’wa NU Tour and Travel Cilacap Arif Himawan angkat  suara. Ditemui di kantor Al Ma’wa pada Rabu 16/09/20.  Arif Himawan menyatakan bahwa informasi tersebut adalah kabar bagus tapi tidak bisa ditelan mentah-mentah.

“Ini kabar bagus, tapi informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi sifatnya masih umum.  Jadi informasi ini tidak bisa ditelan mentah-mentah”, kata Arif.

Arif memaparkan, bahwa pengumuman resmi dari otoritas terkait di Saudi Arabia belum ada.

“Hingga sekarang belum ada pengumuman resmi waktu pelaksanaan dibukanya kembali umroh dari kementrian terkait di Arab Saudi”, kata Arif

“Pembatasan-pembatasan ini secara bertahap telah dilonggarkan. Adapun  penangguhan penerbangan internasional ini akan dicabut pada tanggal 1 Januari 2021. Jadi jangan salah  diartikan umroh dibuka pada tanggal 1 Januari mendatang ya. Melainkan penerbangan internasional yang dibuka secara umum”, papar Arif.

“Terkait umroh belum ada pengumuman resmi. Pernyataan Mendagri Saudi juga sudah  menegaskan bahwa rencana izin pembukaan kembali pelaksanaan umroh akan diumumkan secara bertahap. Dan akan diputuskan kemudian berdasarkan perkembangan pandemi, ” kata Arif.

Biro Al Ma’wa NU sendiri menurut Arif belum berani membuka pendaftaran umroh secara resmi. Pendafataran dilakukan secara manual. Tidak bisa masuk ke sistem karena sistem saat ini masih lock. Karena itu tidak bisa melihat pastinya kapan jamaah umroh akan berangkat.

About Naeli Rokhmah

Editor Situs Islam Aswaja. Menulis dan berkarya. Berkhidmah tak terlekang ruang dan waktu. menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − three =