Muslimat NU Karangpucung Songsong Hari Santri, Ini Agendanya

NU CILACAP ONLINE – Agenda Gebyar Shalawat & Semaan Al Qur’an oleh Pimpinan Anak Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (PAC Muslimat NU) Karangpucung mengawali Rangkaian Kegiatan Hari Santri Nasional (HSN) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Karangpucung Sabtu, (07/10/2023) di Masjid Besar Baitul Mu’minin Karangpucung.

Ketua PAC Muslimat NU Karangpucung, Hj Muawanah Atep menyampaikan, Gebyar Shalawat dan Semaan Al Qur’an ini juga dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Gebyar Shalawat ini adalah cara kita untuk merangkul anak-anak muda zaman sekarang supaya mau ikut hadir di peringatan Maulid Nabi. Juga dalam acara-acara pengajian dengan memperbanyak Shalawat,” katanya.

Sementara itu, lanjut Hj Muawanah Atep , untuk semaan Al Qur’an merupakan agenda dan program amaliyah rutin PAC Muslimat NU Karangpucung setiap Sabtu manis.

“Alhamdulillah semua jama’ah dari masing-masing ranting Muslimat NU se Karangpucung sangat antusias dan banyak yang hadir dalam semaan Al-Qur’an,,” tuturnya.

Muslimat NU juga Santri

Berkaitan dengan tema Hari Santri tahun ini, Jihad Santri Jayakan Negeri, Hj Muawanah Atep atau yang kerap disapa Hj Anah ini menjelaskan. Bahwa semua yang hadir dalam acara ini adalah masih menjadi santri.

“Kita kaum Muslimat NU juga santri. Sebagai santri, kita harus terus belajar. Termasuk belajar Al Qur’an melalui semaan ini,” tegasnya.

Ia mengatakan, Semaan hari itu untuk Al Qur’an Juz 22. Ke depan, dalam waktu 8 Bulan, Muslimat NU Karangpucung sudah khatam Al-Qur’an 30 Juz.

“Mulai bulan depan anggota Muslimat NU Karangpucung akan setoran hafalan kepada para hafidzoh. Utamanya adalah juz 30. Namun, ada juga beberapa surat-surat pilihan. Seperti Al-Mulk, Al-Waqi’ah, Yasiin, dan Ar-Rahman,” terang Anah.

“Dan setelah 8 bulan, nantinya akan membuat wisuda akbar juz 30. Pesertanya adalah ibu-ibu Muslimat NU. Tujuan sebagai apresiasi untuk anggota Muslimat NU yang di usia lanjut, namun masih tetap mau menghafal Al-Qur’an,” lanjutnya.

Kepada NU Cilacap Online, Ketua Panitia Hari Santri Nasional MWCNU Karangpucung, H Atep Jamaluddin, ST bersyukur atas terselenggaranya agenda Gebyar Shalawat dan Semaan Al-Qur’an oleh Muslimat NU.

“Gebyar Shalawat dan Semaan Al-Qur’an ini sangat positif. Karena untuk kegiatan sebesar ini sudah diawali dengan doa dan bacaan Al-Qur’an bil Ghoib dari para hafidzoh. Juga semua jama’ah yang hadir turut menyimak dengan khidmat

“Insyaallah ini awal yang baik untuk menjadikan seluruh rangkaian Kegiatan Hari Santri Nasional tahun ini berjalan dengan sangat baik hingga akhir,” ungkapnya. (Nessy/MaM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button