Posko Mudik Lebaran 2023; Eksistensi Nyata Banser

NU CILACAP ONLINE – Eksistensi Banser di mata khalayak semakin nyata dengan kemunculan posko-posko mudik lebaran tahun 2023 ini. Aksi mereka mengamankan arus mudik benar-benar membantu para pengguna jalan khususnya para pemudik.

Serbaguna atau serba bisa bukan hanya sematan kata-kata semata. Namun suatu hal yang menurut Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) harus dikuasai dalam berbagai aspek kehidupan secara nyata.

Peran Nyata Banser

Sebagai anggota kepemudaan Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama (GP Ansor NU) eksistensinya memang amat kentara. Yakni bisa dilihat mulai dari kegiatan keagamaan sampai kegiatan sosial masyarakat.

Banser selain mengawal dan menjaga alim ulama, mereka juga aktif dalam berbagai kegiatan. Salah satunya yakni pengamanan dan memberikan kenyamanan dengan membuat Posko-posko mudik lebaran.

Kegiatan itu merupakan agenda rutin setiap tahun dan posko-posko mudik Banser akan selalu ada di setiap Kabupaten Kota termasuk di Cilacap, Jawa Tengah.

Terkini Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Cilacap mengerahkan banyak personil untuk ditempatkan di titik-titik posko mudik lebaran.

Adapun posko-posko mudik Banser Cilacap yakni terdapat di 17 titik lokasi. Hal itu disampaikan oleh Kasatkorcab Banser Cilacap, Hadi Mustofa.

“Menindaklanjuti instruksi dari Satkornas Banser dan Satkorwil Banser Jawa Tengah. Pada tahun ini Satkorcab Banser Cilacap telah menyiapkan Posko Mudik Lebaran di 17 titik lokasi,” ucap Ndan Hadi sapaannya saat dikonfirmasi pada Jumat, 21 April 2023 dini hari tadi.

Baca juga Mudik Spiritual Menuju Fitrah Kemanusiaan

Adapun sejumlah titik lokasi Posko Mudik Banser ini berada di Wanareja, Majenang, Cimanggu, Karangpucung, Gandrungmangu, Sidareja, Kedungreja, Kawunganten, Bantarsari, Sampang, Kroya, Kesugihan, Maos, Adipala, Nusawungu 2 titik dan Binangun.

Sementara itu Pelatih Banser dan Senior saat ditemui di Posko Mudik Banser di Jalan Pahonjean, Majenang, Agus Jhon menyampaikan bahwa Arus mudik pada H-2 Kamis kemarin cukup lancar.

“Arus mudik pada Kamis kemarin cukup lancar dan lumayan ramai saat sore harinya,” Ujarnya di Posko Mudik Banser Majenang ditemani sejumlah anggota Banser dan juga Ketua Pac Ansor Majenang.

Membantu Para Pemudik

Terpantau juga, Jum’at Dini Hari arus lalu lintas (Lalin) tidak begitu ramai dan masih lancar. Demikian juga saat dijumpai di Wanareja yang mana terdapat jalur 2 arah menuju Majenang dan menuju Cipari – Sideraja.

Diketahui sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Yaqut Cholil Qoumas, bahwa Pos Mudik Banser ini bertujuan agar dapat membantu para pemudik.

“Pos Mudik Banser ini didirikan agar dapat dimanfaatkan untuk membantu para pemudik,” Kata Gus Menteri di Jakarta, Selasa (18/04) kemarin.

Kembali terkait Fasilitas yang ada di Posko Mudik Satkorcab Banser Cilacap. Kasatkorcab Banser CilacapHadi Mustofa mengatakan ada Fasilitas yang disediakan. Di ataranya: Area Parkir yang luas, Sarana Ibadah (Musala/Masjid), Sarana Istirahat. Juga sarana Pelayanan berupa Makanan, Minuman dan Kopi atau Teh Hangat.

“Jika Pemudik hendak berhenti untuk beristirahat atau hendak shalat di posko-posko mudik, makan, minum. Tentu kita akan sangat senang dan dengan senang hati melayani mereka. Jadi jangan sungkan untuk berhenti di Posko Mudik Ansor-Banser Cilacap,” tegasnya. (Bahtiar/Naeli R)

Baca juga Arus Mudik, Arus Balik, dan Arus Bawah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button