Pidato ‘Anugerah Piagam Gelar” untuk Bapak Kebangkitan Perfilman Cilacap

NU CILACAP ONLINE – Berikut teks pidato ‘Anugerah Piagam Gelar” diberikan kepada Insan Indah Pribadi sebagai Bapak Kebangkitan Perfilman Cilacap.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat malam, Salam sejahtera bagi kita semuanya. Dan Salam Cinema.

Yang saya hormati Seluruh Insan Perfilman Indonesia terutama yang menyaksikan dan malam hari ini hadir, Bapak/Ibu sekalian, Hadirin yang berbahagia,

63 tahun yang lalu Bapak Haji Usmar Ismail, Bapak Jamaludin Malik, dan Bapak Asrul Sani memprakarsai berdirinya LESBUMI NU.

Dalam lintasan sejarah dan waktu, beberapa tahun kemudian mereka menyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) sebagai perayaan dan apresiasi tertinggi bagi industri perfilman Indonesia terutama bagi Insan penggiat Perfilman.

Bapak Usmar Ismail melalui filmnya yang berjudul Darah dan Doa demikian itu menjadi penanda kebangkitan perfilman Indonesia. Dan kita tahu bersama pada tahun 2021, sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pahlawan, dalam hal ini pejuang kekemerdekaan di bidang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara, Presiden RI-Jokowi, menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada beliau Bapak Haji Usmar Ismail.

Dan beliau sebagai muassis pendiri Lesbumi NU diberi gelar sebagai Bapak Perfilman Indonesia. Apa yang dilakukan muassis pendiri Lesbumi NU tersebut kiranya menginspirasi bagi Insan perfilman Indonesia di medio berikutnya, dan pegiat budaya daerah.

Terutama di Banyumas Raya, yang dalam rumpun Budaya Banyumas Raya yang meliputi Banjar Negara, Purbalingga, Cilacap, Kebumen dan Banyumas (BARLINGCAKEBMAS) sebagai entitas dan identitas orang Jawa dengan bahasa ibu panginyongan ini.

Ada Saudara Bowo Leksono, almagfurlah Insan Indah Pribadi, dan lainnya yang tergabung dalam Jaringan Kerja Film Banyumas Raya (JKFB-R) turut serta dalam memprakarsai penyelenggaraan Festival Film Purbalingga (FFP). Dan kini FFP telah masuk tahun ke-17.

Semangat perjuangan para sineas, Insan Perfilman daerah/filmaker tersebut mestinya berdarah-darah, karena hasil itu bermula dari bagaimana prosesnya, dan proses tidak akan khianat pada akhir hasilnya.

Baca juga PCNU Cilacap Raih Piagam Penghargaan PWNU Jawa Tengah

Demikian perjuangan mereka telah banyak memberi dan menginspirasi bagi masyarakat banyak terutama bagi anak muda dan pelajar, perjuangannya melalui film dengan tema dan persoalan-persoalan lokal masyarakat desa di Banyuamas Raya ini, bahkan dalam ranah budaya nilai kearifan lokal terutama bahasa ibu (ngapak-panginyongan) bisa di terima di kancah nasional bahkan dunia.

Oleh karena itu, saya atas nama pribadi dan institusi Lesbumi dan Majlis Wakil Cabang NU Majenang mengahaturkan apresiasi atas dedikasinya dan yang tak terhingga pada beliau-beliau. Jika boleh saya ungkapkan, beliau yang tersebut di atas adalah para pahlawan perfilman kita, para pejuang kebudayaan Banyumas Raya.

Dan jika Bapak perfilman Indonesia untuk Bapak Haji Usmar Ismail maka Almagfurlah Insan Indah Pribadi (IIP) adalah “Bapak Kebangkitan Perfilman Cilacap”.

Teks Pidato 'Anugerah Piagam Gelar" untuk Insan Indah Pribadi

Melalui komunitas “Sangkanparan” beliau secara total berjuang berdedikasi penuh jiwa pun raga seluruh. Dedikasi beliau dalam menjaga, melestarikan, mengembangakan dan bahkan mengabadikan moment-moment, nilai-nilai, kearifan-kearifan, adat-istiadat dan kebudayaan daerah kita melalui film.

Kendati beliau berpulang pada 28 Oktober 2022 saat masih proses kesempurnaan garapan filmnya yang berjudul Maos (Baca). Sebuah film musikal yang mengetengahkan perjuangan masyarakat pribumi Cilacap melawan penjajahan dengan senjata kebudayaan yakni batik.

Spirit daya juang almagfurlah IIP harus terus kita jaga dan rawat, dengan menciptakan karya-karya berkualitas yang menunjukkan keunggulan dan karakter kita sebagai warga yang turut serta menjaga peradaban dan kedamaian dunia. Yang bermartabat demi jati diri bangsa.

Maka pada malam ini, di bawah terang purnama bulan Dzulhijjah 1444 H kami atas nama institusi Lesbumi NU Majenang memberikan PIAGAM GELAR Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (LESBUMI) Cilacap Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Majenang MENGANUGERAHKAN GELAR ‘Bapak Kebangkitan Film Cilacap’ Kepada INSAN INDAH PRIBADI Budayawan dan Pendiri komunitas Film Sangkanparan.

Baca juga Ada Seminar Perfilman di Pelantikan HMPS KPI Unugha

Juga untuk Khidmahnya dan ketulusan perjuangannya membangkit-bangunkan LESBUMI NU Cilacap Secara Kelembangaan sekaligus merekonstuksi nilai-nilai Melalui Film dan Perjuangan NU Cilacap pada ranah kebudayaan dalam bingkai Islam Nusantara, sebagaimana tertuang dalam Saptawikrama.

Akhirul kalam, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Selamat malam, Salam sejahtera bagi kita semuanya, Dan Salam Cinema.

Teks pidato ‘Anugerah Piagam Gelar” kepada Insan Indah Pribadi dibacakan di Majenang, tanggal 3 Juli 2023. Ditandatangani oleh Imam Hamidi Antassalam (Ketua Lesbumi NU Majenang) dan oleh KH Hizbullah Huda, SH. Ketua Tanfidziyah MWCNU Majenang. (IHA)

Baca juga LESBUMI NU Cilacap, Modernisasi Tak Harus Tinggalkan Tradisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button