Berita

MWCNU Salem Brebes Serahkan Sejumlah Bantuan ke Cilacap

Sidareja, NU Cilacap Online

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Salem, Brebes menyerahkan sejumlah bantuan untuk korban banjir Sidareja di posko banjir Sidareja Cilacap, Sabtu (28/11/20).

Rombongan berjumlah kurang lebih 30 orang yang terdiri dari Rais MWCNU Salem, ketua LAZISNU kecamatan Salem, Kepala Satuan Koordinasi Rayon  (Kasatkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) , Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (PAC GP) Ansor Salem dan beberapa anggota Ansor dan Banser dan kecamatan Salem . Mereka datang dengan membawa 1 unit armada truk, 1 unit kolbak, 2 unit pick up, dan 2 unit mobil pribadi.

MWCNU Salem
Rombongan MWCNU Salem bersama dengan tim NU Peduli Cilacap

Kedatangan MWCNU Salem disambut oleh Kasatkoryon Banser Sidareja di posko banjir di desa Cibenon depan masjid Annur Sidareja . Mereka membawa bantuan logistik untuk korban banjir berupa 2,5 ton beras, 100 dus sarimi, 40 dus air mineral, 50 karung pakaian layak pakai dan uang tunai sebesar Rp 8.075.000,00.
Pada kesempatan tersebut, Rais MWCNU Salem, KH Mudlofir Fathulloh menyampaikan dukungan moralnya kepada  Nahdliyin Cilacap yang terkena banjir.

“Semoga dengan musibah ini kita semakin dekat dengan Alloh, musibah yang dialami warga bisa menjadi ladang pahala karena dihadapi dengan keikhlasan.  Semoga kehilangan atau kerusakan warga diganti dengan yang lebih baik,”  katanya.

Beliau juga menjelaskan bahwa kedatangan mereka ke Cilacap adalah atas dasar kepedulian sesama. Apalagi mayoritas warga yang terdampak banjir adalah umat Islam yang notabene juga warga NU. Pernyataan senada juga disampaikan oleh  Ketua LAZISNU Kecamatan Salem, Rusydi.

“ Kita sesama muslim, dan keluarga NU banyak yang terdampak banjir sehingga kita peduli. Karena Kecamatan Salem juga pernah terkena bencana longsor pada tahun 2018. Waktu itu banyak sahabat dari luar kabupaten termasuk Cilacap juga ikut membantu. Makanya saat mendengar adanya bencana di Cilacap ini, kami sangat peduli. Semoga bantuan dari MWCNU Salem ini bisa membantu warga yang terkena banjir di Cilacap”, papar Rusydi.

Bantuan diserahkan kepada Kasatkoryon Banser Sidareja  Willi Hartoyo. Untuk selanjutnya bantuan didistribusikan  kepada warga terdampak banjir. Willi Hartoyo mengucapkan rasa terima kasihnya kepada rombongan MWCNU Salem Brebes atas kunjungan dan bantuan mereka. Dirinya juga mengaku siap untuk melaksanakan amanah mereka untuk mendistribusikan bantuan untuk korban banjir.

“ Bantuan nantinya akan kami bagikan kepada para warga terdampak banjir di wilayah kecamatan Sidareja,”  kata Willi Hartoyo.

Willi Hartoyo mengaku berbesar hati melihat bantuan yang masih saja berdatangan padahal banjir sudah surut. Untuk itu terpaksa banser tetap membuka posko penanganan banjir padahal posko-posko yang lain sudah tutup.

“Kami atas nama warga Sidareja khususnya, dan warga Cilacap pada umumnya, mengucapkan terima kasih sekali kepada sahabat NU dari Salem yang telah memebrikan bantuan kepada para warga yang terkena banjir. Padahal banjir sudah surut dan posko-posko banjir sudah pada tutup. Tinggal satu posko ini yang masih buka. Ini juga atas permintaan dari ketua MWCNU Sidareja karena bantuan masih terus berdatangan sehingga masih diperlukan adanya posko untuk menampung bantuan, ”  katanya lagi.

Willi yang juga penanggung jawab posko NU Peduli Kecamatan Sidareja  juga berharap dengan musibah banjir yang terjadi sekarang, pemerintah akan lebih meluangkan perhatiannya mengingat Kecamatan Sidareja memang rawan terkena banjir.

“ Kami berharap agar pemerintah bisa memberikan perhatian lebih  dalam   menghadapi bencana banjir.  Setidaknya pemerintah melakukan antisipasi dengan menyediakan sarana dan prasarana  sebagai penunjang dalam menghadapi bencana banjir. Sebab Sidareja ini memang rawan banjir.   Sarana seperti ketersediaan perahu karet itu sangat penting.  Yang lebih penting lagi adalah kerjasama yang baik antara pemerintah dengan para relawan di lapangan,”  pungkasnya.

Penulis : Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

seven + 2 =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button