Daerah

Hari Toleransi Internasional, Gusdurian Cilacap Nobar Film Toleransi

Dalam rangka memperingati hari toleransi Nasional & Internasional, Komunitas Moderasi Umat beragama dan Gusdurian Adipala menggelar Nonton Bareng (Nobar) film Toleransi Umat beragama dan ngobrol bareng. Acara dilaksanakan pada hari Ahad (20/11/22 ) di angkringan moderasi beragama yang beralamat di area Gunung Srandil Desa Glempang Pasir, Adipala, Cilacap.

Dengan mengusung tema “Jagongan Bareng Nonton Film Toleransi”, Kordinator Gusdurian Adipala Joshua Sudaryo menyampaikan acara nonton bareng ini untuk mempererat persaudaraan dan kerukunan umat beragama serba toleransi di Kabupaten Cilacap.

“Semoga dengan keberagaman masyarakat Cilacap dan toleransi antar umat beragama maupun bangsa pun wajib dijaga agar tetap utuh dengan kedamaian dan guyub rukun ” Tandasnya Joshua

Diantara yang hadir diacara Nobar Toleransi , Kepala Kankemenag Kabupaten Cilacap H Imam Tobroni S.Ag.M.M, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB ) Cilacap, Komunitas Gusdurian Cilacap, POkjaluh ( kelompok kerja penyuluh Agama ) Cilacap, BAZNAS Cilacap , Ketua PC FATAYAT NU cilacap Tun Habibah, Ketua MUI Adipala,dan Perwakilan dari 6 Pemuka Agama.

Nonton Bareng Film Toleransi yang berjudul “Hidup Berbeda agama dalam satu atap dikampung sawah ” yang di gelar di Ruangan Vihara Tri Ratna Gunung Srandil.

Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Cilacap Tun Habibah, S.Pd.I dalam kesempatan ini juga menyampaikan Kerukunan umat beragama di Cilacap sampai saat ini adem,dan guyub rukun.

“Di NU sendiri adanya toleransi sudah kenalkan dari awal berdirinya Organisasi atau perkumpulan Nahdlatul Ulama oleh Hadlratusyekh KH Hasyim As’ari, salah satu pemersatu masyarakat dengan beragama. Agama sendiri akan mengajarkan kedamaian, kerukunan. bahkan toleransi beragama sudah diajarkan mulai adanya Agama Islam lahir yang dibawa Kanjeng Nabi Muhammad SAW,” kata Tun Habibah.

“Fatayat NU Cilacap akan terus mendukung Islam yang toleransi, mari bersama menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI dengan kerukunan,” ajakTun Habibah.

nobar film toleransi

Kepala Kankemenag Kabupatan Cilacap H. Thobroni S.Ag., M.M menyampaikan Terimakasih atas terselenggaranya acara ini Semoga Cilacap Tambah Damai dan Rukun bertoleransi.

Baca juga: 11 Deklarasi Islam Damai Kaum Habib/Alawiyin di Nusantara

“Terimakasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah hadir atas terselenggaranya acara ngumpul bareng dan Nonton bareng ini. Di Indonesia sendiri termasuk di Cilacap, ada enam agama yang diakui oleh negara. Agama-agama yang diakui oleh negara adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan juga Konghucu. Keenam agama harus hidup berdampingan di masyarakat dengan prinsip toleransi antar umat beragama maka terjalinnya Hidup damai guyub rukun,” ucap H. Thobroni.

Beliau juga membacakan satu puisi karya dari Kang Pur yang asli dari Cilacap Puisi yang Berjudul “Negeri Harmoni” dan karya karyanya sudah dibukukan oleh Kankemenag Cilacap.  Pembacaan Puisi sekaligus ditutupnya acara. ( Khayaturrohman

Baca juga: Website Berita Nahdlatul Ulama | NU Cilacap Online

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button