Muktamar NU 2015 di Empat Pesantren di Jombang

Muktamar NU di Jombang Jawa Timur pada 1-5 Agustus 2015 mendatang akan dilaksanakan di empat pesantren besar di sana. Demikian disampaikan Ketua Panitia Muktamar NU 2015, H Imam Aziz. “Muktamar rencananya akan dilaksanakan di empat pesantren yakni pesantren Tebuireng, Tambakberas, Denanyar, dan Darul Ulum. Teknisnya baru akan dibicarakan,” kata Imam Aziz kepada NU Online di kantor PBNU Jakarta, Rabu (7/1) kemarin.

Menurutnya, saat ini PBNU sedang menyusun kepanitiaan muktamar. Selain menyiapkan muktamar, panitia akan menyiapkan beberapa kegiatan pramuktamar yang akan dilaksanakan di NTB dan Medan dan Sulawesi Selatan.

Seperti diwartakan, Rapat Harian Syuriyah dan Tanfidziyah PBNU di kantor PBNU Jakarta, Jum’at (5/12/2014) lalu, akhirnya memilih Jombang sebagai tuan rumah Muktamar ke-33 NU yang akan dilaksanakan pada 1-5 Agustus 2015 mendatang.

Dari tiga usulan daerah yang siap menjadi tuan rumah yakni Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Utara dan Jawa Timur, forum rapat akhirnya menetapkan muktamar akan dilaksanakan di Jawa Timur, tepatnya di kota santri Jombang.

Muktamar di Jombang ini akan sangat berarti karena dilaksanakan di daerah asal tiga tokoh utama pendiri NU yani KH Hasyim Asyari, KH Abdul Wahab Hasbullah dan KH Bisri Sansuri. Setelah 32 NU menggelar forum perusyawaratan tertingi, baru pada kali ini muktamar diadakan di Jombang.

Selain itu, muktamar kali ini akan menerapkan model baru pemilihan Rais Aam dan Ketua Umum PBNU dengan sistem ahlul halli wal aqdi, bukan dengan model pemilihan langsung. (NU Online)

About admin

Admin Utama Situs Islam Aswaja: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6 − 4 =