Lomba Tertib Administrasi Ranting NU Perkuat Organisasi

NU CILACAP ONLINE – Lomba Tertib Administrasi Ranting NU yang merupakan salah satu rangkain kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri MWCNU Kroya Ahad, (15 /03).

Ketua Tanfidziyah MWCNU Kroya H. Mujiono S.Sos mengatakan, ketertiban dan kelengkapan administrasi dalam sebuah organisasi merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh pengurus.

“Tertib administrasi dimaksudkan untuk menunjang kelancaran semua program yang telah disusun sekaligus cermin keseriusan dalam mengelola organisasi,” ungkapnya

Dokumen kelengkapan yang dimiliki pengurus menggambarkan riwayat kinerja dan capaian yang telah diperoleh sesuai dengan amanat program yang sudah disepakati bersama.

Lebih Lanjut Mujiono juga menambahkan Zaman serba digital seperti sekarang ini cenderung membuat orang abai dan remeh terhadap apa yang namanya arsip, dokumen, atau surat menyurat yang terkait organisasi

“Biasanya sudah merasa cukup hanya berbekal soft copy atau back up file digital sehingga kurang begitu memperhatikan perlunya penataan dan penatausahaan adminsitrasi organisasi,” katanya

17 Ranting NU

Secara terpisah Aziz Affandi, salah satu Tim Penilai Lomba Tertib Administrasi Ranting NU mengungkapkan ada 17 Ranting NU yang menjadi peserta sekaligus objek penilaian, 16 orang petugas penilai dari jajaran Pengurus Syuriyah dan Tanfidziyah MWCNU Kroya, dan delapan kriteria pokok dengan total 44 indikator yang digunakan untuk mengukur ketertiban adminsitarsi di tingkat Ranting NU.

“Di antara beberapa paramater yang digunakan yaitu riwayat penerbitan SK. Ranting, buku induk kesekretariatan, dokumentasi pelaksanaan musyawarah kerja, dan pola hubungan kerja sama dengan banom NU di tingkat ranting” ungkapnya.

“Selain itu kita juga menambahkan kriteria yang berbasis aplikasi yaitu SIPNU dan SISNU. Kriteria terakhir kita juga menyertakan penilaian kelengkapan adminstrasi yang ada pada UPZIS Ranting”. tutur Aziz Affandi yang kebetulan pernah menjadi Sekretaris MWCNU Kroya Masa Khidmat 2017-2022.

Sememtara itu melalui NU Cilacap Online K Lukman Hakim Wakil Ketua Tanfidziyah MWCNU Kroya sekaligus penggagas Lomba Tertib Administrasi menyampaikan kegiatan ini sekaligus sebagai ajang silaturrahmi dan turba Pengurus MWCNU kepada Pengurus Ranting.

“Rencana awal sebenarnya lebih kepada pembinaan administrasi, cuman kita kemas dalam bentuk lomba supaya lebih greget dan semangat” tandas Kyai Lukman.

“Pengumuman sekaligus penyerahan hadiah kepada ranting terbaik akan disampaikan pada puncak acara peringatan hari santri nanti setelah pelaksanaan upacara” pungkasnya. (Danang Sutawijaya/MaM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button