Badan Otonom NU

Ketua ISNU Cilacap Ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-76

76 tahun sudah Negara Republik Indonesia merdeka. Tepat pada hari Senin 17 Agustus 2021 moment tersebut dirayakan walau masih dalam suasana pandemi.

Pada momen istimewa ini, Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Cilacap Hj Hanifah Muyassarah yang juga civitas akademika UNUGA secara khusus mengucapkan,  “Dirgahayu Republik Indonesia ke-76,” dalam sebuah pidato singkat yang disampaikan melalui rekaman video yang diunggah di kanal YouTube NU Cilacap Online.

Berikut adalah transkrip pidatonya.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Perjuangan bangsa Indonesia tidak diraih dengan mudah. Kemerdekaan bangsa Indonesia juga bukan hadiah dari bangsa lain. Sebaliknya kemerdekaan bangsa Indonesia diraih dengan susah payah dengan mengorbankan harta jiwa dan raga.

Berapa banyak harta yang dikorbankan, berapa banyak jiwa raga yang berkorban untuk meraih kemerdakaan Indonesia. Perjuangan merebut kemerdakaan Indonesia itu tidak hanya setahun dua tahun, tetapi berlangsung berabad-abad.

Ternyata, walaupun perjuangan selama berabad-abad, untuk meraih sebuah kemerdekaan dan kedaulatan sebuah bangsa harus menyatukan seluruh energi. Sehingga tumbuh sebuah kesadaran bahwa untuk meraih cita-cita yang luhur, menyatukan seluruh kekuatan secara bersama-sama merebut kemerdekaan Indonesia. Hal itu pada akhirnya bisa terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ketua PC ISNU Cilacap
Ketua PC Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Cilacap Hj Muyassarah

Bangsa Indonesia yang menyatukan seluruh kekuatan mampu memerdekakan, mampu memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Nah pada saat pandemi seperti sekarang ini, di mana seluruh negara-negara di dunia termasuk Indonesia mengalami pandemi covid ’19 yang berinplikasi pada lumpuhnya perekonomian, dan juga berinplikasi pada dunia pendidikan yang lain.

Maka, ketika kita berkaca pada perjuangan masa lampau, pada saat ini kita harus menyatukan energi. Kita harus menyatukan seluruh kekuatan, agar kita mampu menaklukan pandemi covid ’19 ini. Ketika kekutan kita menyatu, sangat-sangat mungkin dengan waktu yang tidak terlalu lama kita akan mampu menjalani kehidupan yang normal kembali seperti yang kita harapkan. Sehingga satu pemikiran, satu kekuatan untuk mewujudkan cita-cita kita. Cita-cita bangsa Indonesia.

Kami seluruh pimpinan cabang ikatan sarjana Nahdlatul Ulama Kabupaten Cilacap mengucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA. SELAMAT ULANG TAHUN KE-76 REPUBLIK INDONESIA.

DIRGAHAYU NEGRIKU JAYALAH BANGSAKU

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Artikel berjudul Ketua ISNU Cilacap Ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-76  Merupakan transkrip pidato singkat Ketua ISNU Cilacap Hj Hanifah Muyassarah dalam video seri ucapan selamat  Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI  Ke-76 

Penulis: Aida Robiyah
Penyunting: Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button