Dra Tuti Munfarida; Bukti Adanya Tuhan (Bincang Inovasi)

NU CILACAP ONLINE – Berbincang tentang bukti Adanya Tuhan bukanlah sesuatu yang sederhana. Tetapi sesuatu yang sangat-sangat rumit. Hal ini berkaitan erat dengan kerasulan Nabi Muhammad SAW yang diutus oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW benar adanya dan memang diutus oleh Tuhan yang menciptakan manusia, utusan ini untuk membuktikan bahwa tiada tuhan selain Allah.

Ketika Rasululah SAW diangkat menjadi Rasul atau menjadi Nabi, wahyu pertama yang diturunkan adalah surat al-alaq yang berbunyi :

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ . خَلَقَ ٱلْإِنسَٰنَ مِنْ عَلَقٍ

Iqra` bismi rabbikallażī khalaq.Khalaqal-insāna min ‘alaq

Artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. “Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.”

Di sini bisa dipahami munculnya perintah ٱقْرَ. Ini adalah suatu pembelajaran bahwa kerasulan Muhammad SAW memang untuk pembelajaran semua manusia itu.

Yang pertama kata ٱقْرَ artinya adalah bacalah. Sedangkan yang dibaca apa sesuai dengan ayat itu tadi adalah “Robbuka”. Jadi di situ membaca tentang Allah, tentang Rabb atau tentang Tuhannya. Nah Tuhan disitu.

Di dalam Islam lebih spesifik lagi. Di dalam ayat selanjutnya tadi adalah yang meciptakan manusia dari segumpal darah. Dengan mengandung maksud bahwa namanya manusia itu ciptaannya sungguh sangat rumit.

Di dalam rahim kandungan seorang ibu, kemudian dijadikan segumpal darah. Lalu ada segumpal daging kemudian tahap-tahap selanjutnya menjadi embrio, menjadi janin dan seterusnya.

Ini bukan sesuatu yang sederhana tetapi sesuatu yang sangat-sangat rumit. Maka di situ membuktikan bahwa kerasulan Muhammad SAW benar adanya dan memang di utus oleh tuhan yang menciptakan manusia. Utusan ini adalah untuk membuktikan bahwa tidak ada tuhan selain Allah.

Dan bahwa sesungguhnya manusia-manusia yang tidak beriman atau merasa ragu-ragu akan ketuhanan Allah telah diingatkan bahwa siapa yang menciptakan dirinya sendiri, siapa yang menciptakan manusia tidak lain adalah Rabb Allah SWT.

Kita akan tahu bahwa sesungguhnya manusia itu harus beriman dan mau tidak mau memang Allah lah Tuhan telah menciptakannya dari segumpal darah dan demikian seterusnya hingga meninggal dunia. (M Fadil Abdurahman /Naeli Rokhmah)

Bukti Adanya Tuhan adalah artikel yang ditranskip dari ceramah yang disampaikan oleh Dra Tuti Munfarida, seorang praktisi dakwah yang juga dosen di Unugha Cilacap. Ceramah ini tayang di kanal YouTube iGHoTv.

Baca juga Hadroh dan Kekuatan Mahabbatur Rosul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button