Badan Otonom NU

Banser Siaga Dan Proaktif Di Dapur Umum Kesugihan Kidul

Banser, Barisan Ansor Serbaguna siaga di lokasi dapur umum desa Kesugihan Kidul menyusul porses karantina sejumlah warga yang terkonfirmasi terpapar Covid-19. Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cilacap, Aliman S.Pd, menyatakan, di lokasi dapur umum, Banser siaga sejak Kamis malam (21/1).

Aliman menegaskan, keberadaan Banser Kesugihan di dapur umum tersebut bersama dengan elemen masyarakat yang lain, dalam rangka menunjang ketersediaan tenaga.

“Dengan begitu, fungsi dapur umum sebagai penyedia makanan bergizi untuk masyarakat yang melakukan karantina mandiri, dapat berjalan efektif dan maksimal. Banser juga proaktif terlibat langsung dalam aktifitas dapur umum,” katanya.

Banser Siaga Dan Proaktif Di Dapur Umum
Aktifitas Banser Siaga, di Dapur Umum Desa Kesugihan Kidul

Sejak kamis pemerintah desa kesugihan kidul mendirikan Dapur Umum di dusun Kubangsari Desa Kesugihan Kidul. Pendirian Dapur Umum ini dalam rangka untuk membantu memastikan keterpenuhan kebutuhan makanan yang bergizi bagi warga masyarakat yang sedang menjalani karantina mandiri di wilayah tersebut.

Sebagaimana rilis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap per tanggal 26 Januari pukul 10:19 WIB melalui website corona.cilacapkab.go.id bahwa angka Konfirmasi Covid-19 yang dirawat, se Kabupaten Cilacap sudah menembus angka 1461 orang. 119 orang diantaranya berasal dari Kesugihan. Dengan angka tersebut, karantina mandiri menjadi salah satu strategi untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah kesugihan.

Aliman menambahkan, rencananya, dapur Umum ini akan beroperasi sampai tanggal 30 Januari 2021. Dengan harapan, masyarakat yang melakukan karantina mandiri karena memiliki gejala, tanpa gejala atau karena telah melakukan kontak erat dengan pasien covid, semuanya dapat sembuh seperti sediakala.

“Keterlibatan Banser merupakan bentuk komitmen. Diminta atau tidak, untuk hal yang berkaitan dengan kemanusiaan, Banser siaga. Termasuk di dapur umum desa Kesugihan Kidul. Alhamdulillah, dengan kordinasi yang cukup, kesiagaan Banser bisa ditempatkan secara tepat,” ungkap Aliman

Seperti diberitakan NU Cilacap Online sebelumnya, setelah keluar hasil swab oleh Satgas Covid-19 Kesugihan, dinyatakan bahwa 33 warga Kesugihan Kidul positif terpapar covid-19. Pemerintah desa stempat bergerak cepat mendirikan dapur umum pada hari Kamisnya (21/01/21). Termasuk yang siaga di dapur umum desa Kesugihan Kidul beasal dari unsur Banser.

Kontributor : Ahmad Fajri Nida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × 3 =

Back to top button