Trending

Inilah Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024 M Cilacap Sekitarnya

Ramadhan adalah bulan suci dalam agama Islam di mana umat Muslim berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selain menahan diri dari makan dan minum, Ramadhan juga merupakan waktu untuk meningkatkan ibadah, memperbanyak amal kebaikan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Di tengah semaraknya bulan penuh berkah ini, ada satu hal yang penting untuk dipersiapkan yakni jadwal Imsakiyah.

Apa itu Imsakiyah?

Imsakiyah adalah waktu menjelang terbit fajar di pagi hari yang menandakan batas terakhir bagi umat Muslim untuk menyelesaikan sahur sebelum memulai puasa.

Memiliki jadwal Imsakiyah yang akurat sangatlah penting dalam menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan sehingga lebih berhati-hati agar puasa ramadhan kita sah dan tidak sia-sia. Nah, selain itu apa manfaat jadwal imsakiyah? Yuk kita bahas!

Manfaat Jadwal Imsyakiyah

Pertama-tama, jadwal Imsakiyah membantu kita dalam menjaga kualitas ibadah puasa. Dengan mengetahui waktu yang tepat untuk sahur, kita bisa lebih memaksimalkan waktu untuk makan dan minum sebelum fajar menyingsing. Hal ini tentu membantu menjaga stamina dan kesehatan tubuh selama menjalani puasa seharian.

Selain itu, jadwal Imsakiyah juga membantu dalam mengatur waktu ibadah dan aktivitas lainnya selama bulan Ramadhan. Dengan mengetahui kapan tepatnya waktu sahur, kita bisa merencanakan kegiatan ibadah seperti shalat tahajjud atau membaca Al-Qur’an sebelum memulai puasa.

Baca juga Awal Ramadhan 1445 H Pemerintah RI dan Arab Saudi Berbeda

Selain itu, jadwal Imsakiyah juga bisa membantu kita mengatur jadwal bangun pagi agar tidak ketinggalan sahur.

Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap menerbitkan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1445 H / 2024 M untuk wilayah Kabupaten Cilacap dan sekitarnya. Baca juga KH Maslahudin Syukur, Ulama Ahli Ilmu Falak dari Cilacap

Dalam jadwalnya, terdapat 29 hari puasa Ramadhan 1445 H yang dimulai pada Selasa Pon, 12 Maret 2024 hingga Selasa Manis, 9 April 2024. Berdasarkan perhitungan Tim Lembaga Falakiyah PCNU Cilacap, ijtima’ awal Ramadhan 1445 H pada Ahad Manis 10 Maret 2024.

Baca juga Awal Ramadhan di Beberapa Negara

Ketinggian hilal pada 10 Maret 2024 adalah 1 derajat di atas ufuk dengan elongasi 2 derajat. Karena hilal belum masuk kriteria imkanurru’yah, maka Bulan Sya’ban 1445 H disempurnakan 30 hari.

Klik untuk mendownload :
>>JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN 1445 H / 2024 M<< untuk wilayah Kabupaten Cilacap dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button