Muslimat NU Karangpucung Gelar Pelatihan MC dan Protokoler

NU CILACAP ONLINE – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Karangpucung telah menggelar Kegiatan Pelatihan Master Of Ceremony (MC) dan Protokoler dalam rangka memperingati Harlah Muslimat NU Ke-78.

Pelatihan MC dan Protokoler di SMA Jendral Ahmad Yani Karangpucung pada Kamis (08/02/2024). Bertepatan dengan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Hadiri langsung Pejabat Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, AP, M.M dalam Pelatihan MC dan Protokoler ini. Awaluddin menyampaikan bahwa kehadirannya sebagi bentuk apresiasi kepada PAC Muslimat NU Karangpucung.

“Pelatihan MC dan Protokoler semacam ini adalah yang pertama di Kabupaten Cilacap yang Kamai hadiri secara langsung,” tutur Awaluddin.

“Kami juga sangat bangga karena antusias peserta yang begitu banyak, semoga dengan pelatihan ini tentu dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan pengalaman, serta dapat langsung dipraktikan pada setiap kegiatan-kegiatan di lingkungan sekitar, khususnya untuk para ibu-ibu Muslimat NU,” lanjutnya.

300 Peserta

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua PAC Muslimat NU Karangpucung, Hj Muawanah Atep (Hj Anah) menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan mencapai 300 peserta berasal dari Ranting Muslimat NU, Fatayat dan IPPNU Se-Kecamatan Karangpucung.

“Alhamdulillah peserta melebihi target kami, bahkan panitia sampai membatasi peserta yang mendaftar, karena keterbatasan tempat,” katanya.

Hj Anah, demikian sapaan akrabnya,  juga menjelaskan bahwa adanya pelatihan ini adalah wujud dari komitmen PAC Muslimat NU. Yaitu untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam bidang Komunikasi dan Protokoler.

“Menjadi MC (Master of Ceremony) atau pembawa acara dalam bahasa Indonesia. Merupakan sebuah profesi atau ketrampilan dari seseorang sebagai seorang yang memandu sebuah acara,” ungkapnya.

“Semoga ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini membawa berkah dan manfaat, kepada semua peserta pelatihan bisa menjadi MC yang handal. Kemudian agenda kedepan mungkin akan dilaksanakan Lomba MC Tingkat PAC Muslimat NU,” harap Hj Muawanah.

Peserta Pelatihan MC dan Protokoler Muslimat NU Karangpucung

Retorika MC dan Protokoler

Hj Khusiyatiningsih dari PC Muslimat NU Cilacap tampil dalam Kegiatan Pelatihan MC dan Protokoler Muslimat NU Karangpucung sebagai pembicara.

Dalam pelatihannya, ia menyampaikan tentang materi Retorika dan Protokoler. Di mana retorika itu sendiri yang berati ilmu berbicara atau seni bicara, dalam hal ini retorika adalah komunikasi dua arah (face to face), satu atau lebih.

“Sedangkan protokoler berati mengelola kegiatan yang baik dan efektif yang dalam pengertian luasnya, protokoler adalah seluruh hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan baik dalam kedinasan maupun masyarakat” terang Hj. Khusiyatiningsih.

Adapun narasumber selanjutnya yaitu Muhammad Ridwan, SE yang menyampaikan materi tentang Public Speaking, yang mana kemampuan berbicara di depan khalayak umum dengan tujuan menyampaikan pesan secara efektif.

“Ini melibatkan mengorganisir pikiran, memilih kata-kata yang tepat, menggunakan bahasa tubuh yang meyakinkan, dan menyesuaikan gaya berbicara sesuai dengan audiens yang dituju,” terangnya.

Dalam Pelatihan MC dan Protokoler hadir jajaran Forkopimcam, Ketua MKAH, H. Atep Jamaluddin, S.T; Pimpinan Badan Otonom NU seperti Ketua PAC GP Ansor Hendro Kusworo, S.Pd; Sahabat Banser. Juga Sahabat Fatayat; IPNU dan IPPNU Karangpucung. (Toriah, S.Pd.I/Nessy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button