Semaan Al-Qur’an Membuka Rangkaian Konfercab NU Cilacap

Semaan Alqur’an 30 Juz membuka rangkaian acara Konferensi Cabang (Konfercab) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap, Jumat (19/4/2024). Semaan Alqur’an diikuti oleh para hafidzah yang tergabung dalam Ikatan Hafidzah Fatayat (IHF) Cilacap.

Semaan  Semaan Alqur’an membuka rangkaian pra acara dalam rangka memeriahan  Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap. Semaan Alqur’an berlangsung pada sore hari pukul 16.00 dan berakhir saat maghrib.

Selain IHF, semaan Alqur’an juga diikuti oleh anggota Forum Daiyah Fatayat (Fordaf) dan puluhan Kader Fatayat lainnya. Baik IHF maupun Fordaf adalah lembaga di bawah naungan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Cilacap.

IHF sendiri Lembaga yang mewadahi para penghapal Alqur’an di kalangan Kader Fatayat NU Cilacap. Adapun Fordaf. Lembaga ini berfungsi mewadahi para daiyah Fatayat di lingkungan Kabupaten Cilacap. Keduanya dibentuk pada pertengahan tahun 2023 lalu.

Acara berlanjut dengan beberapa rangkaian acara pada malam hari. Diawali dengan shalawat bersama oleh grup hadrah Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Kesugihan. Untuk kemudian dilanjutkan dengan Silaturahmi dan tasyakuran Harlah Ansor ke 90 dan Fatayat NU ke 74.

Baca juga Gelar Pelatihan, PC Fatayat NU Cilacap Siapkan Daiyah Milenial

Pelantikan IHF FORDAF GARFA LK3A

Di sela-sela acara tersebut dilaksanakan pelantikan 4 lembaga PC Fatayat NU Cilacap. Yakni Ikatan Hafidzah Fatayat (IHF), Forum Daiyah Fatayat (Fordaf), Garda Fatayat (Garfa) dan Lembaga Konsultasi Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (LKP3A).

Pelantikan dilakukan oleh Ketua PC Fatayat NU Cilacap  Tun Habibah. Di hadapan para hadirin, ia menyampaikan bahwa pembentukan lembaga-lembaga tersebut merupakan amanah organisasi.

“Terbentukan lembaga-lembaga terlantik ini adalah amanah organisasi yang tertera dalam AD/ART. Harapan kami dengan lembaga-lembaga yang terbentuk, akan menjadi perempuan yang berhati-hati daLam melangkah mengemban amanah,” kata Tun Habibah.

Baca juga Semaan Al-Qur’an, Rutinan Muslimat NU Nusawungu

Pada kesempatan itu Tun Habibah berharap barakah dan bimbingan dari para PCNU dan senior Fatayat. Ini sebagai ikhtiar menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan amanah.

“Kami menyadari Fatayat di usia kami masih menghadapi banyak tantangan. Maka dalam menjalankan tugas tetap memegang mandat NU sehingga bisa mengemban amanah.

Baca juga 100 Majelis Semaan Al-Qur’an Khafidz – Khafidzah Dawamancung

Kegiatan silaturahim dan harlah malam itu adalah sinergi antara PC Fatayat NU Cilacap dan PC Ansor Cilacap. Sebagai simbol rasa  syukur dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua PC Fatayat NU Cilacap Tun Habibah dan Ketua PC GP Ansor Cilacap Ahmad Fajri Nida.

Adapun rangkaian kegiatan malam itu disiarkan secara langsung di Kanal YouTube NU Cilacap Online. Berikut linknya: https://www.youtube.com/watch?v=rUkcl2L0OlM (Naeli R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button