Daerah

Pohon Tumbang Di Kawunganten, Bagana Sigap Evakuasi

Gerak cepat satuan Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kecamatan Kawunganten melakukan evakuasi pohon tumbang di Dusun Cigebret Desa Sarwadadi Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Dua rumah warga di Sarwadadi rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang  yang disebabkan hujan Deras disertai angin pada Selasa sore (15/11/2022)

Hujan Deras disertai angin yang melanda Cilacap pada Selasa Sore (15/11/2022) akibatkan pohon tumbang dan merusak rumah warga. Kejadian pohon tumbang ini terjadi di dua titik sekaligus yakni di Kecamatan Kawunganten dan Kecamatan Bantarsari.

Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kecamatan Kawunganten pada Selasa sore (15/11/2022). Imbasnya, pohon tumbang terjadi di Dusun Cigebret Desa Sarwadadi Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap

Kepala Desa Sarwadadi Amin Muzaki mengatakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.15 WIB. Akibatnya, pohon yang berdiameter 40 sentimeter ini tumbang.

“Kejadian bersama hujan deras dan angin kencang. Satu pohon tumbang dengan diameter 40 sentimeter,” ujar Amin Muzaki saat dihubungi NU Cilacap Online (16/11/2022).

Dua rumah warga rusak parah akibat tertimpa pohon. Adapun atap rumah salah seorang warga tengah rusak parah usai ketiban batang pohon tersebut. Dua rumah itu diketahui milik Seno Samidi (60 Tahun) dan  Hijrah Purwoto (37 Tahun). keduanya adalah warga Dusun Cigebret Desa Sarwadadi.

Bagana Kawunganten evakuasi pohon tunbang

“Pohon tumbang itu mengenai dua rumah. Pohon yang menimpa itu mengakibatkan rumah rusak parah,” jelas Amin Muzaki.

Baca Juga

Setelah mendapat laporan dari warga Tim Banser Tanggap Bencana (Bagana) dibawah komando Kanitsus Bagana Kawunganten Maman Sumarman selaku  segera meluncur ke lokasi. Aksi evakuasi Bagana didampingi Kasi Trantibum Kecamatan Kawunganten Suroso.

“Kami langsung mengevakuasi rumah korban dengan cara memotong beberapa bagian batang kayu untuk dipindahkan ke temPat yang lebih aman,” jelas Maman Sumarman.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Akan tetapi korban ditaksir mengalami kerugian senilai Rp. 15 000 000.

“Untungnya pada saat kami konfirmasi di tempat kejadian perkara tidak ada korban jiwa, hanya rumah yang tertimpa pohon yang mengenai sebagian rumah warga,” Sambung ndan Maman sapaan akrabnya.

Pohon Tumbang di Kecamatan Bantarsari

Di waktu yang sama, pohon tumbang juga terjadi di Kecamatan Cipari tepatnya di Dusun Agraria dan Dusun Buluria Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari.

pohon tumbang timpa rumah warga di Bantarsari

Dalam laporannya, Kepala Desa Bantarsari mengungkap  dua pohon albiso dan 1 pohon mangga tumbang. Akibatnya 3 rumah warga rusak parah dan 8 rumah lainnya mengalami rusak asbes. Kerugian ditaksir 60 juta. Selain merusak warga, pohon tumbang juga mengenai badan jalan sehingga mengganggu akses lalulintas warga.

Evakuasi dilakukan hari itu juga Bagana dibantu warga. Mereka menyingkirkan pohon tumbang dari badan jalan. Begitu juga evakuasi terhadap rumah warga yang tertimpa pohon. Untuk sementara atas yang rusak ditutup dengan terpal.

Evakuasi rumah warga dilanjutkan esoh harinya dikarenakan cuaca yang tidak mendukung. Berdasarkan assesment lapangan, material bangunan dibutuhkan untuk memperbaiki rumah warga yang rusak.

Kontributor: Faih Infokom Banser Kawunganten
Editor: Naeli Rokhmah

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button