Feature & Figur

Vaksinasi Massal Diikuti Ulama, Tokoh Lintas Agama dan Santri

Vaksinasi Massal yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diikuti oleh para ulama, tokoh lintas agama, hingga sejumlah santri pondok pesantren setempat. Vaksinasi massal tersebut dipusatkan di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Rabu, (10 Maret 2021),

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah turut meninjau jalannya pelaksanaan vaksinasi massal yang secara keseluruhan diperuntukkan bagi kurang lebih 1.000 penerima vaksin.

“Tadi saya melihat semuanya berjalan dengan baik, manajemennya rapih, prosesnya juga lancar, dan kita berharap beliau-beliau yang telah divaksin bisa terlindungi agar tidak terpapar oleh Covid-19 dan aktivitasnya di dalam rangka keagamaan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya saat memberikan keterangan.

Vaksinasi Massal Diikuti Ulama, Tokoh Lintas Agama

Sebagaimana diberitakan dalam portal laman resmi Presiden RI, Rombongan Presiden Joko Widodo tiba sekitar pukul 13.30 WIB, Kepala Negara langsung memasuki area Convention Hall MAJT yang kali ini difungsikan untuk penyelenggaraan vaksinasi massal dengan menerapkan protokol kesehatan.

Presiden tampak berbincang dengan sejumlah peserta vaksinasi dan meninjau tahapan vaksinasi seperti registrasi ulang peserta, penapisan kondisi kesehatan, hingga tindakan observasi bagi yang telah menerima suntikan dosis vaksin.

Saat kedatangan Presiden tampak para ulama dan tokoh lintas agama yang tengah menjalani giliran vaksinasi di antaranya K.H. Ahmad Muwafiq, K.H. Ubaidullah Shodaqoh, beserta Pengurus PWNU Jateng Lainnya, Pendeta Erinchan Naibaho, Pendeta Tjahjadi Nugroho, Anak Agung Ketut Darmaja (Pemuka Hindu), Bhikku Dittisampanno Thera( Budha), Adi Pratikto (penghayat) dan Lainnya.

Presiden Joko Widodo berharap agar pelaksanaan vaksinasi massal yang diperuntukkan bagi para ulama, tokoh lintas agama, dan para santri juga segera dilakukan di daerah-daerah lainnya.

“Kita harapkan semakin hari semakin banyak dari warga kita yang divaksinasi. Ini akan memberikan sebuah kekebalan komunal dan kita berharap laju penularan Covid-19 bisa kita cegah,” tuturnya.

Hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan vaksinasi massal di MAJT tersebut ialah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.l beserta jajaran Setda Provinsi Jateng.

Vaksinasi Massal Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq), mengatakan program vaksinasi tidak hanya dilakukan di Indonesia, melainkan semua negara berlomba melakukannya. Maka penting seluruh masyarakat mendukung program vaksinasi. Sebab menurutnya, vaksinasi adalah salah satu ikhtiar untuk lepas dari cobaan ini.

“Semua pihak juga sudah divaksin, baik presiden, ulama, para tokoh agama, tokoh masyarakat, bahkan santri. Adanya pandemi itu merupakan bagian perubahan peradaban dunia yang harus kita ikuti dan taati. Titik-titik perubahan peradaban ini sudah ditandai Allah dalam peristiwa Isra Mikraj, di mana Nabi Muhammad melakukan perjalanan melewati titik-titik peradaban itu,” tuturnya.

Untuk diketahui, vaksinasi massal bagi para ulama dan tokoh lintas agama serupa juga telah dilaksanakan di DKI Jakarta. Pelaksanaan vaksinasi tersebut digelar di Masjid Istiqlal pada 23 Februari 2021 lalu.

Penulis: Imam Hamidi Antassalam
Foto: Lukas BPMI Setpres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

13 − 9 =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button