PKD GP Ansor Maos 2023 Tekankan Gerakan Nyata Kader

NU CILACAP ONLINE – Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pimpinan Anak Cabang (PAC) Maos yang dilakasanakan pada 5-7 Mei 2023. Ini sekaligus menjadi angkatan ke-33 PKD PC GP Ansor Cilacap.

Pelaksanaan PKD GP Ansor Maos 2023 di Madrasah Tsanawiyah Minhajul Munawaroh Desa Maos Lor, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. Peserta berasal dari berbagai utusan dari calon kader Pimpinan Ranting GP Ansor se Kecamatan Maos dan sekitarnya.

Ketua panitia Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) GP Ansor Maos, Dawami Nai’m mengatakan; PKD GP Ansor Maos 2023 untuk menjaring kader baru khususnya di Kecamatan Maos dan sekitarnya.

Dawani Na’im yang juga merupakan Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Karangrena menjelaskan; PKD GP Ansor Maos 2023 juga bagian dari melaksanakan amanat organisasi mempersiapkan kaderisasi GP Ansor di wilayah Kecamatan Maos dan Kabupaten Cilacap seluruhnya.

“Amanat organisasi harus melaksanakan PKD untuk keberlangsunga kader di wilayah PAC GP Ansor Maos,” kata Dawami kepada NU Cilacap Online.

Amanat Gerakan Nyata

Para kader baru GP Ansor Maos menerima serangkaian materi. Di antaranya paham aswaja, kepemimpinan, keorganisasian, kebangsanaan, peran teknologi dan media menjadi dasar mereka melanjutkan dakwah dan perjuangan islam ala ahlussunah wal jamaah an-nahdiyah.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Cilacap Ahmad Fajri Nida atau akrab disapa Gus Fani menyatakan kader GP Ansor wajib melaksanakan amanat perjuangan para pendahulu.

“Untuk kader GP Ansor, wajib melaksanakan amanat perjuangan para muasis Nahdatul Ulama. Selain itu kader GP Ansor juga harus berperan dalam membangun bangsa dan Negara melalui gerakan-gerakan berbentuk karya dalam membangun bangsa dan Negara,” kata Ahmad Fajri Nida.

“Kemerdekan Negara Indoneisa adalah hasil perjuangan para Founding Fathers, juga para Ulama. Ideologi Pancasila itu ideologi yang final. Kader GP Ansor harus setia membela Pancasila dan berkarya nyata untuk bangsa dan negara,” kata Ahmad Fajri Nida.

Senanda dengan hal tersebut. Camat Maos Trias Handayani dalam sambutan pembukaan PKD GP Ansor Maos 2023 pada Jum’at (05/05) berpesan agar peran pemuda dalam hal membangun bangsa dan Negara sangatlah penting.

Baca juga  PKD Ansor Adipala Wujudkan Kader Tanggap Trengginas

Trias juga berharap generasi muda khususnya kader GP Ansor di Kecamatan maos dan seluruhnya dapat merangkul ormas islam yang lain. Saling menjaga kedamaian baik di lingkungan keagamaan maupun sosial supaya tetap kondusif di masyarakat. Serta mampu berkarya secara nyata untuk bangsa dan Negara.

GP Ansor Maos Cilacap harus dapat merangkul ormas lain terlibat berbagai karya untuk bangsa, Juga menciptakan keadaan aman dan damai dengan dasar toleransi yang tinggi. Sehingga keadaan kondisif di masyarakat dapat terus terbangun dan terasakan,” kata Trias

PKD Ketiga

PKD GP Ansor Maos 2023 merupakan PKD ke tiga kalinya yang dilangsungkan di Kecamatan Maos. Pertama kalinya diselenggaranakan di pada tahun 2018 di Pesantren Jabal Nur Desa Panisihan. Dan PKD kedua di MI Darwata Desa Kalijaran pada tahun 2021 lalu.

PKD kali ini menjadi catatan sejarah berkhimat baru. Mengapa? Sebab dari PKD GP Ansor Maos 2023 yang di ikuti sejumlah 24 orang kader. Mereka secara resmi dilantik dan dibaiat sebagai kader GP Ansor. Ke depan, mereka akan menjadi pemimpin GP Ansor masa depan. Juga menjadi harapan masa depan kader Nahdatul Ulama (NU).

PKD atau Pelatihan Kepemimpian Dasar merupakan jembatan gerakan kader baru GP Ansor. Mereka akan terjun dan berperan penting pada agama islam, berkarya untuk bangsa dan Negara. Serta melayani warga Nahdilyin di manapun berada. (Toto Priyono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button