Trending

Mars Garda Fatayat NU (Garfa)

NU CILACAP ONLINE – Mars Garda Fatayat NU (Garfa) bukan sekedar nyanyian tanpa arti, akan tetapi menyimpan semangat militan badan semi otonom dari Fatayat NU yang diluncurkan pada tanggal 25 Oktober 2019 oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj.

Garfa sendiri pertama kali muncul dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Fatayat NU tahun 2017 di Palangkaraya, Kalimantahn Tengah dan KONBES Fatayat NU tahun 2018 di Ambon, Maluku.

Kemudian, Pimpinan Pusat Fatayat NU memutuskan untuk membentuk sebuah wadah bagi kader Fatayat NU yang mempunyai keterampilan khusus. Yaitu keterampilan dalam kesiapsiagaan, kedisiplinan dan keprotokolan.

Keputusan ini kemudian di- breakdown oleh Pimpinan-Pimpinan Wilayah termasuk dengan melaksanakan Diklatsar Garfa.

Pendidikan dan Latihan Dasar Garfa kemudian berlanjut pada tingkatan Pimpinan Cabang termasuk di antaranya PC Fatayat NU Cilacap. Dalam Pendidikan dan Latihan Dasar ini, Mars Garda Fatayat NU (Garfa)  menjadi salah satu syarat untuk hafalan oleh calon peserta.

Mars Garda Fatayat NU

Berikut ini teks lirik lagu Mars Garfa Garda Fatayat:

Disini Kami Berdiri
Srikandi Nahdlatul Ulama Sejati
Siap Sigap Menjaga NKRI
Jaga Cinta Damai Bumi Pertiwi

Dalam Senyum Dan Kelembutanmu
Tersimpan Ikhlas Dalam Hatimu
Semangat Juang Yang Tak Akan Luntur
Indonesia Kan bangga Padamu

Baca juga Mars IPPNU, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama

Reff
Garda Fatayat Istimewa
Militan Humanis Semboyan Kita
Sungguh Mulia Dalam Tugasnya
Melangkah Dengan Restu Ulama

Garda Fatayat Istimewa
Militan Humanis Semboyan Kita
Nahdlatul Ulama Dan Indonesia
Menyatu dalam Jiwa Slamanya

Lagu mars adalah komposisi lagu dan syair dengan irama teratur dan kuat. Lagu Mars ini secara khusus untuk meningkatkan keteraturan dalam berbaris sebuah kelompok besar.

Baca juga Mars IPNU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama

Awalnya kelompok barisan tentara dalam tradisi militer yang memainkan lagur jenis Mars. Lagu mars menggunakan tempo cepat dan biasanya dalam birama genap 2/4 atau 4/4, namun tetapi ada pula yang dalam birama 6/8.

Musik/lagu mars biasanya dengan ritme yang semangat, menghentak dan menggebu-gebu. Musik/lagu mars biasanya identik dengan nyanyian berisi semangat perjuangan, dan bersifat provokatif.

Baca juga DTD Garfa Digelar Pertama Kali Di Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button