Keutamaan Amaliyah Dzikir

NU CILACAP ONLINE – Dzikir merupakan praktik amaliyah mengingat dan memuji Allah SWT dengan mengucapkan kalimat-kalimat suci nan agung secara terus-menerus dalam hati maupun dengan suara.

Oleh karenanya amaliyah ini memiliki banyak manfaat baik dari segi spiritual maupun psikologis. Berikut merupakan keutamaan berdzikir.

Tujuan berdzikir adalah untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, meningkatkan kesadaran, menjaga keimanan, serta menguatkan hati dan pikiran dalam ketakwaan.

Oleh karenanya berdzikir merupakan amaliyah seorang muslim yang sangat dianjuran oleh agama.

Berdzikir dapat dilakukan dengan berbagai macam doa atau kalimat-kalimat yang mengandung pujian atau permohonan kepada Allah SWT, seperti Subhanallah (Maha Suci Allah), Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah), atau La ilaha illallah (Tiada Tuhan selain Allah).

Dzikir ini juga dapat dilakukan secara berjamaah atau sendirian, dan dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, baik dalam keadaan suka maupun dalam duka.

Baca juga: Hati Penentu Baik dan Buruk, Ketahui 5 Prinsip tentang Hati

Dalam ajaran Islam, berdzikir merupakan praktik spritual yang memiliki keutamaan, fadhilah, dan banyak manfaatnya. Berikut beberapa fadhilah dan keutamaan berdzikir :

1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Dzikir merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam QS Al-Baqarah: 152 Allah SWT berfirman;

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Artinya: “Maka ingatlah kepada-Ku niscaya Aku akan ingat (pula) kepadamu.”

Dengan berdzikir, kita dapat merasakan kehadiran Allah SWT yang lebih dekat dan lebih intens.

Baca juga: Sukses Lahir dan Batin dengan Dzikir

2. Menguatkan Iman

Dalam ajaran Islam, dzikir sebagai cara yang efektif untuk menguatkan iman dan kepercayaan kepada Allah SWT.

Dengan mengingat dan memuji Allah SWT secara terus-menerus, kita dapat memperkuat keyakinan kita bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah SWT.

Keutamaan Amaliyah Dzikir

3. Menenangkan Hati

Dzikir juga memiliki efek menenangkan hati dan pikiran. Dengan fokus pada dzikir, kita dapat melepaskan diri dari kekhawatiran, stres, dan kegelisahan yang seringkali membebani pikiran kita.

4. Meningkatkan kebahagiaan

Dzikir juga dapat meningkatkan rasa bahagia dan kepuasan dalam hidup. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman,

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: “Adalah mereka orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram.” (QS Ar-Ra’d: 28).

Dengan dzikir, kita dapat menemukan kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup.

5. Membantu Mengendalikan Hawa Nafsu

Dengan berdzikir akan dapat membantu kita mengendalikan hawa nafsu dan dorongan negatif dalam diri kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman,

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِۗ وَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Artinya: “Bacalah (Nabi Muhammad) Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu dan tegakkanlah shalat. Sesungguhnya shalat (dzikir) mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Sungguh, mengingat Allah (dzikir) itu lebih besar (keutamaannya daripada ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Ankabut: 45).

Dengan zikir, kita dapat mengendalikan dorongan-dorongan negatif dalam diri kita dan membantu kita menjadi lebih baik sebagai hamba, sebagai manusia.

6. Meningkatkan Kesabaran

Dzikir juga dapat membantu kita meningkatkan kesabaran dalam menghadapi cobaan dan ujian dalam hidup.

قُلْ يٰعِبَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوْا رَبَّكُمْۗ لِلَّذِيْن
اَحْسَنُوْا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌۗ وَاَرْضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌۗ اِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa perhitungan.” (QS Az-Zumar: 10).

Dengan berdzikir, kita dapat menguatkan kesabaran dan ketahanan dalam menghadapi segala macam cobaan dan ujian dalam hidup.

Inilah beberapa keutamaan amaliyah berdzikir Oleh karena itu sebagai umat Muslim sebaiknya senantiasa mengamalkan dzikir dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. (IHA)

Baca juga: Khutbah Jumat Bahasa Sunda, Fadlilah Dzikir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button