Jalan Sehat Kerukunan Umat Rawat Kebhinekaan NKRI

NU CILACAP ONLINE – Menutup rangkaian kegiatan Hari Amal Bhakti ke 77, Kantor Kementrian Agama Cilacap menggelar jalan sehat kerukunan umat beragama, Sabtu (14/1/2022). Pada acara ini sekaligus dibacakan Deklarasi Kerukunan Umat Beragama oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Cilacap KH Shoim El Amin.

Dalam  deklarasi Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat  yang diikrarkan bersama melalui perwakilan masing-masing agama, antara lain  menyatakan bahwa Forkompimda Cilacap, bersama tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan  seluruh  ASN baik Kemenag maupun non Kemenag Kabupaten Cilacap sepakat  memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebinekaan   Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Poin selanjutnya mereka sepakat mengukuhkan Gerakan moderasi umat beragama. Mereka juga sepakat menghindari segala bentuk ujaran kebencian, berita bohong. dan tindakan yang dapat  mengakibatkan pembelahan social akibat polarisasi politik.

Pada poin 4 dalam ikrar  juga  berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadah  sebagai tempat kampanye  atau aktivitas politik praktis  sebagaimana larangan yang tertuang  dalam undang- undang Pemilu.

Baca juga Kemenag Cilacap-NUCOM Jalin Kerjasama

Hadir di tengah-tengah acara, Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar menyampaikan apresiasinya. Pihaknya pun berharap seluruh masyarakat bisa hidup damai dan rukun, dalam toleransi tidak lagi memandang suku, rasa dan agama.

”Saya sangat apresiasi dengan kegiatan ini, meski  dengan perbedaan agama, suku dan bahasa tetapi  tetap  rukun bersatu, Cilacap harus maju dan hebat,” kata Yunita.

Dyah mengungkap bahwa kerukunan menjadi modal social yang luar biasa untuk kemajuan  Kabupaten Cilacap dan Indonesia.

“Diharapkan  dengan telah dilakukan deklarasi Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat,  akan membawa Kabupaten Cilacap selalu damai dan bersatu, karena semua saling  menjaga,” sambungnya.

Pesan Ketua DPRD Cilacap

Hal senada diungkap oleh Ketua DPRD Cilacap Taufik Nur Hidayat. Hal selanjutnya ia mengungkap tahun politik yang tengah dihadapi saat ini. Untuk ini ia mengimbau kepada keluarga besar Kemenag Cilacap dan para tokoh agama serta masyarakat untuk membina dan membangun suasana rukun dan damai.

“Tujuannya agar perjalanan Pemilu bisa dinikmati dalam pengertian yang sesungguhnya. Untuk itu  semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan,” tegasnya.

Saya juga meminta ASN Kementerian Agama tidak menjadi partisan, apalagi ikut melakukan. Taufik menegaskan untuk menuju Cilacap hebat salah  satu syarat harus rukun,

“Ngga rukun ora keren, Tidak rukun tidak keren,” tambahnya.

Jalan sehat kerukunan umat beragama hari itu diikuti oleh tujuh ribu peserta. Mereka adalah keluarga besar Kementrian Agama se Kabupaten Cilacap dan juga warga umum. Peserta dilepas oleh PJ Bupati Cilacap yang didampingi oleh Ketua DPRD Cilacap dan Kepala Kantor Kemenag Cilacap.

Peserta tampak antusias berjalan sepanjang 2 kilometer dengan titik star Kantor Kemenag Cilacap. Mereka semakin antusias dengan adanya pembagian doorprize bertabur hadiah-hadiah menarik sembari menikmati aneka makanan dan minuman yang dijual di stand-stand Expo UMKM Halal.  (Naeli Rokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button