Sains Teknologi

Atap Ka’bah Dibersihkan, Seperti Apa Mekanismenya?

Atap Ka’bah di Makkah dibersihkan oleh tim khusus pada hari Senin. Pembersihan itu dilakukan sekitar empat bulan setelah pembersihan terakhir dilakukan menjelang haji tahun ini.

Dengan mempertimbangkan beberapa batasan, tim yang terdiri dari 10 orang naik ke atap situs suci umat Islam tersebut dan melakukan proses pembersihan.

Mekanisme pembersihan Atap Ka’bah berlangsung melalui beberapa tahapan; yang pertama menyapu permukaan Ka’bah, menghilangkan debu dan kotoran burung; kemudian menyeka seluruh permukaan dan dudukan cladding, dinding, dan pintu ke permukaan.

Pembersihan bagian luar Ka’bah dengan handuk basah. Kemudian semuanya disemprot dengan air dan dilap kembali dan dilakukan proses pengeringan.

Arab Saudi baru-baru ini mencabut pembatasan terkait pandemi di Dua Masjid Suci di Makkah dan Madinah, dengan alasan perbaikan kondisi. Sementara itu, operasi untuk membersihkan dan mensterilkan berbagai area masjid atau sedang berlangsung.

Jaber al-Wadaani, direktur departemen sanitasi dan karpet di Masjidil Haram, mengatakan bahwa Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah mendirikan pusat pembersihan karpet khusus di Kudai dengan peralatan dan peralatan berteknologi tinggi terbaru.

Dia mengatakan 1.500 karpet dicuci setiap minggu di Kudai untuk menjaga standar dan memastikan keselamatan jamaah. Pusat tersebut memiliki tim spesialis yang bekerja untuk memastikan pembersihan atap Ka’bah memenuhi standarnya dan untuk memastikan bahwa karpet dikembalikan ke masjid tanpa cacat, ungkap pejabat tersebut menambahkan.(iqna.ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button