Berita

Amin Syukron Wafat, UNUGHA Cilacap Berduka

Inna Lillahi Wa inna ilaihi Rojiun,  Dekan  Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Nahdaltul Ulama Alghazali (UNUGHA) Cilacap Amin Syukron ST., MT., wafat. Amin Syukron menghembuskan nafas terakhirnya di rumah duka,  Selasa 26 Januari 2021 sekitar pukul 17.20.  Keluarga besar UNUGHA Cilacap pun berduka.

Figur yang menjadi salah satu pendiri UNUGHA ini meninggal karena penyakit diabetes yang dideritanya. Hal ini disampaikan oleh dosen Fakultas Ekonomi UNUGHA Priyo Anggoro, S.Sos., M.M., yang merupakan rekan sejawatnya.

” Beliau memang sudah lama sakit menderita diabetes.  Tetapi yang paling parah ya setahun terakhir ini. Selama setahun ini beliau menjalani  pengobatan”, katanya.

Berita duka dengan cepat menyebar melalui aplikasi pintar.  Ucapan belasungkawa diunggah  di akun media sosial Pembantu Rektor (Purek) 3 Shoiman Nawawi. Dalam Statusnya, Shoiman Nawawi mengunggah beberapa foto berisi momen kebersamaan dengan sosok alm. Amin Syukron disertai caption  “Husnul khatimah prof. Amin Syukron.  Aamiin, engkau kader terbaik UNUGHA Cilacap“.

Priyo Anggoro menyebut Amin Syukron sebagai  salah satu dosen dan pejabat kampus yang sangat aktif dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Penelitian dan pengabdiannya pada masyarakat ia rangkum dalam banyak karya tulis, baik jurnal maupun buku. Ide-idenya terlihat inovatif dan karenanya.

“Beliau dosen yg meletakkan dasar2 penelitian di kampus..minat dan antusiasmenya di penelitian memotivasi dosen dosen lainnya hingga sekarang menjadi unugha yang hebat”, tuturnya.

Karir Amin Syukron antara lain, pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Cilacap. Sebuah organisasi yang berisi para akademisi yang aktif dalam penelitian untuk kemajuan Cilacap.

Baca Juga Prie GS, Budayawan Jawa Tengah, Wafat. Sekilas Sosok dan Karyanya

Beberapa karya ilmiah Amin Syukron berupa buku, juga hasil riset tersebar di beberapa Jurnal. Di antaranya:

  1. Six Sigma Quality For Business Improvement, terbit oleh graha ilmu 1, tahun 2012.
  2. Pengantar Teknik Industri diterbitkan oleh Graha ilmu, tahun 2014

Sementara karya penelitiannya antara lain;

  1. Strategic Management Implementation and Balanced Screcard on Management System of Mosque, 2017
  2. PENUGASAN STRATEGI BERBASIS CIMOSA (COMPUTER INTEGRATED MANUFACTURING FOR OPEN SYSTEM ARCHITECTURE) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA INDUSTRI KECIL MENENGAH KABUPATEN CILACAP (A Syukron, AD Iswahyuni)

Amin Syukron juga terlibat dalam serial penelitian yang hasilnya dipublikasikan Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau.

  1. Analisis Strategi Visi Dan Misi Industri Kecil Menengah (IKM) Untuk Meningkatkan Daya Saing (Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau 2, 2018)
  2. Analisis Kinerja Pada Bagian Biro Administrasi Institute Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap (Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau 1, 2018
  3. Implementasi Model Manajemen Strategi Dan Balanced Screcard Pada Sistem Manajemen Masjid Untuk Meningkatkan Kinerja Badan Kesejahteraan Masjid (BKM), Jurnal Seri Rekayasa Teknologi Industri Hijau 2 (1), 7, 2018

Beberapa karya lain dari Amin Syukron antara lain

  1. Implementasi Model Manajemen Strategi Dan Balanced Screcard Pada Sistem Manajemen Masjid Di Kabupaten Cilacap, Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghozali, 2017
  2. Jurnal  Laporan Pengabidan Masyarakat Implementasi Model Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masjid Di Kab. Cilacap (A Syukron, C Soolany, S Khuzaimah)
  3. DIMAS GHOZALI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali, 2017
  4. Research Metodology For Business Improvement (Ihya Media, 2015)
  5. Modul Pengantar Teknik Industri (Jakarta: Universitas Mercubuana Fakultas Teknik Industri, 2013)

Di lingkungan UNUGHA Cilacap, Amin Syukron mendedikasikan tenaga dan pikirannya untuk mengembangkan kualitas perguruan tinggi / Universitas NU di Cilacap tersebut.

Redaksi NU Cilacap Online ikut berbelasungkawa seraya berdoa semoga Allah SWT menempatkan Almarhum Amin Syukron di tempat terbaik di sisiNYA.

Kontributor: Imam Hamidi Antassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eleven + 2 =

Back to top button