939 Jamaah Calon Haji Cilacap 2023 Berangkat Pertengahan Juni

NU CILACAP ONLINE – Sebanyak 939 orang jamaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Cilacap akan diberangkatkan pada pertengahan bulan Juni 2023 mendatang. Ratusan calon jamaah haji ini dibagi dalam 4 kloter dan akan diberangkatkan pada tanggal 13-14 Juni 2023.

Secara resmi mereka mengikuti acara pelepasan Jamaah Calon Haji di Pendopo Wijayakusuma Cakti Pemkab Cilacap hari Rabu (31/05/2023).

Hadir dalam kegiatan, Forkopimda dan Para Petugas yang akan mendampingi Calon Jamaah Haji tahun 2023. Pelepasan ratusan jamaah Calhaj ini dilepas oleh Pj. Bupati Cilacap, Yunita D Suminar, SKM, M.Sc, M.Si.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Kesra Setda Cilacap, Muhammad Najib menyampaikan, keseluruhan calon jamaah haji di kabupaten Cilacap yang akan diberangkatkan tahun ini sejumlah 939 jamaah Calhaj. Mereka terdiri dari jamaah laki-laki sebanyak 446 orang dan jamaah perempuan sebanyak 493 orang.

Calhaj Tertua dan Termuda

Menariknya, di antara ratusan Calhaj tersebut ada jamaah dengan usia termuda yakni 19 tahun. Ada juga jamaah tertua dengan usia 97 tahun.

Pada tahun ini salah satu jamaah masih berusia 19 tahun karena menggantikan orangtuanya yang meninggal dunia dan masuk kategori jamaah calon haji termuda di Kabupaten Cilacap.

“Namanya Ekani Unsiya Meilinda asal Cilacap Utara. Dan jamaah Calhaj tertua dengan usia 97 tahun bernama Muhammad Shodiq dari Kecamatan Wanareja,” terang Muhammad Najib..

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Mukhlis Abdillah juga menyampaikan, “Yang muda ini jamaah calon haji yang menggantikan orangtuanya karena meninggal dunia.

Baca juga Pemkab Cilacap Resmi Melepas 1315 Calhaj Ke Tanah Suci

“Posisinya dialihkan kepada anak almarhum, sehingga dia layak atau boleh berangkat tahun ini di usia 19 tahun,” kata Mukhlis Abdillah.

Baca juga Road To Mecca Part 5; Selamat Berpisah, Mekah

Dilansir Facebook Kemenag Cilacap, Mukhlis Abdillah juga menyampaikan bahwa empat kloter jemaah Calhaj Cilacap ini akan diberangkatkan pada tanggal 13 -14 Juni 2023. Keberangkatan mereka melalui Embarkasi Adisumarmo Solo.

“Pemberangkatan Calhaj Cilacap  tanggal 13 Juni 2023 ini adalah berasal dari kloter 68 sebanyak 156 orang. Dan Kloter 69 ada 352 orang ditambah pendamping 3 orang jadi 355 orang. Adapun untuk tanggal 14 Juni keberangkatan untuk kloter 70 sebanyak 355 jamaah dan kloter 71 sebanyak 71 jamaah,” imbuhnya. (Naeli Rokhmah)

Baca juga Prioritas Seleksi Calon Jamaah Haji Oleh Kementerian Agama RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button