Pemda Cilacap Alokasikan BOP Pesantren pada 853 Lembaga

NU CILACAP ONLINE – Pemerintah Daerah (Pemda) Cilacap Siap alokasikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) LPQ, MDT dan Pesantren untuk 853 lembaga diniyah di bawah naungan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cilacap.

Untuk ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, melalui seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pemberkasan BOP untuk Lembaga Pendidikan Alqur’an (LPQ), Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), dan Pondok Pesantren.

Adapun sosialisasi pemberkasan dilaksanakan dalam waktu 4 tahap dengan masing-masing pembagian kelompok kecamatan.

Tahap pertama dilaksanakan pada Senin pagi (01/02/2024) di Yayasan Nurudluha Kroya Cilacap yang diikuti 140 kelompok LPQ, MDT, dan pesantren dari Kecamatan Adipala, Binangun, Nusawungu, Kroya, Sampang.

Tahap kedua berlangsung sore hari di Pesantren Al Fiel Kesugihan dengan peserta sebanyak 166 LPQ, MDT, dan pesantren yang berada Kesugihan, Maos, Cilacap Selatan, Cilacap Utara, Cilacap Tengah dan Jeruklegi.

Hadir dalam kegiatan sekaligus membuka acara, Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, dengan didampingi Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap Makmur Khaeruddin.

Baca juga DPAC FKDT Kecamatan Adipala Gelar Rapat Kordinasi

Kemudian tahap 3 pelaksanaan sosialisasi dan pemberkasan pencairan Bantuan Operasional (BOP) pada hari Selasa (02/07/2024) digelar di Balai Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari.

Sosialisasi tahap 3 ini diikuti 292 lembaga pendidikan keagamaan yang terdiri dari LPQ, Madrasah Diniyah Takmiliyah dan Pondok Pesantren dari Kecamatan Bantarsari, Kawunganten, Gandrungmangu, Kampunglaut, Sidareja, Kedungreja, Cipari, dan Patimuan.

Baca juga Madrasah Diniyah Pondasi Nahdlatul Ulama

Kegiatan dihadiri oleh Pj. Bupati Cilacap, Ketua DPRD, Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Daerah kabupaten Cilacap.

Besar harapan para pengasuh lembada diniyah dan pesantren agar lembaga keagamaan di bawah naungan Kemenag agar pemerintah mengalokasikan anggaran lebih besar untuk operasional lembaga.

Adapun sosialisasi BOP Pesantren tahap ke 3 akan dilaksanakan pada Hari Kamis (4/5/2024) di Gor Al Fattah Pesantren Darussalam Waturingkel Kecamatan Karangpucung.

Baca  juga DPAC FKDT Kesugihan Gelar Porsadin

Sosialisasi tahap 4 akan diikuti oleh 255 lembaga dari Kecamatan Majenang, Wanareja, Karangpucung, Dayeuhluhur, dan Cimanggu.

Seluruh lembaga penerima BOP sebelumnya telah mengajukan permohonan bantuan secara online dan diverivikasi berdasarkan kelengkapan administrasi. (Naeli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button