Daerah

Pembangunan Tahap ke-2 TPQ Madin Nurul Huda Karangrena

Pembangunan tahap dua Taman Pendidikan Al-Quraan (TPQ) dan Madrasah Diniyah (Madin) Masjid Nurul Huda Desa Karangrena, Kecamatan Maos tengah dilakukan. Sejauh ini terpantau NU Online Cilacap pada Sabtu (24/09). Pembangunan TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda yang dimulai pada (05/09) sudah pada tahap pengecoran gedung.

Kepala TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda Sumartono S.Pd mengatakan pembangunan tahap dua sendiri dilakukan TPQ dan Madin Nurul Huda untuk menampung jumlah santri yang terus mengalami kenaikan.

“Rencananya TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda akan membangun dua ruangaan. Tentu penambahan ruangan itu untuk memenuhi kebutuhan ruangan belanjar santri TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda Karangrena,” kata Sumartono saat di temui NU Cilacap online di Karangrena (24/9).

Sejak dibuka pada tahun 2021 yang lalu. Santri TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda terus mengalami kenaikan. Saat ini sudah berjumlah 168 santri dan 6 guru.

Ratini salah satu Guru di TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda Karangrena mengumukakan bahwa penambahan gedung memang sudah harus dilakukan. Selain untuk kenyamanan santri belajar juga untuk memenuhi kebutuhan ruangan belajar santri yang masih kurang.

“Selama ini ruangan untuk proses belajar santri yang jumlahnya 168 masih kurang memadai. Kekurangan itu membuat para santri juga harus belajar di dalam Masjid Nurul Huda,” ujar Ratini.

Bantuan Hibah Presiden

Maka dari itu dirinya menyambut baik pembangunan tahap dua gedung TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda Karangrena. Ratini juga berharap penambahan ruangan TPQ sendiri dapat bermanfaat bagi para santri TPQ dan Madin.

Seperti diungkapkan Sumartono S.Pd yang juga merupakan Tanfidziyah NU Karangrena kepada NU Online Cilacap (24/9)’ pembangunan TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda tidak lepas dari donator yang turut berkontribusi pada pembanguanan tahap dua ini.

Pada 25 Juli 2022 lalu, TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda menerima dana hibah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Kesekertariatan Negara senilai 100 Juta rupiah. Selain itu donasi juga datang dari berbagai lapisan masayarakat.

Tidak hanya itu, peran serta dan gotong-royong masyarakat dalam mendukung pembangunan TPQ dan Madin Masjid Nurul huda juga memiliki dampak besar pada suksesnya pembanguan TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda Karangrena yang saat ini masih membutuhkan donasi dari berbagai pihak guna merampungkan pembangunan tahap dua TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda Karangrena,

Seperti diketahui pembangunan tahap pertama TPQ dan Madin Masjid Nurul Huda dilakukan pada tahun 2020 lalu. Pembangunan tahap pertama membangun dua ruangan lantai 1 dan 2 yang ditaksir jumlah pembangunan gedungnya mencapai senilai 425 juta rupiah.

Dana tersebut didapatkan dari berbagai donator baik masyarakat sekitar yang ada di Desa Karangrena maupun komunitas-kominitas warga Karangrena yang berada di luar Karangrena seperti di Jakarta dan Kota-kota besar lainnya.

Kontributor: Toto Priyono
Editor: Munawar AM

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button