Daerah

Lomba Hadroh Pekan Muharram 1444 H di Karangrena

Pekan Muharram 1444 H Masjid Nurul Huda Karangrena sukses menggelar lomba hadroh tingkat Kabupaten di Kompleks Masjid Nurul Huda Desa Karangrena Kecamatan Moas pada Kamis (25/8). Lomba Hadroh tingkat Kabupaten Cilacap tersebut di ikuti oleh Grup Hadroh dari wilayah se-Kabupaten Cilacap.

Ketua panitia pekan Muharram 1444 H Masjid Nurul Huda Karangrena, Narsam Mudo Carito mengatakan lomba Hadroh tersebut diadakan dalam rangka menyemarakkan tradisi Muharram 1444 H di Desa Karangrena. Menurut Narsan, lomba hadroh tingkat kabupaten di gelar di Pekan Muharaam 1444 H Masjid Nurul Huda tersebut tujuannya untuk mematik seni dan membumikan solawat di Desa Karangrena.

“Karangrena ini gudangnya kesenian. Lomba Hadroh ini menambah semarak seni. Terpenting membumikan sholawat di Karangrena lewat tradisi Muharram,” kata Narsan

Selain itu Narsan yang juga merupakan seorang dalang mengatakan adanya lomba hadroh di pekan Muharram Masjid Nurul Huda Karangrena juga untuk melatih Kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Karangrena guna lebih cakap dalam menggelar event-event kegiatan keagaamaan.

“Kita berharap IPNU dan IPPNU mampu bergerak bahwa di pundak mereka nantinya tradisi Muharram kedepan akan terus dilanjutkan. Panitia lomba Hadroh semua yang mengatur IPNU dan IPPNU” pungkas Narsan pada NU Cilacap Online di Masjid Nurul Huda di Karangrena (25/8).

Baca juga

Peserta Lomba Hadroh pekan Muharram Masjid Nurul Huda Karangrena, Sinar Kuncoro Jati yang berasal dari Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan mengaku bangga ikut serta dalam mensukseskan acara Lomba Hadroh di pekan Muharom 1444 H Masjid Nurul huda Karangrena.

Sinar mengatakan bahwa lomba-lomba hadroh sangat penting dilakukan. Selain untuk belajar kekompakan grup, juga untuk melatih mentalitas bagi para pesertanya.

“Lomba itu bukan untuk apa-apa melainkan untuk penguatan mental. Apresiasi setinggi-tinggnya pada panitia lomba hadroh di Karangrena,” kata Sinar

Lomba hadroh tingkat kabupaten di pekan Muharmom Masjid Nurul Huda Karangrena sendiri diikuti sebanyak tujuh peserta grup Hadroh. Grup Hadroh Sautul Fata keluar sebgai juara 1 dan disusul Grup Sawunggaling di tempat ke- 2 dan Grup Anyar di posisi ke-3.

Pekan Muharom 1444 H Masjid Nurul Huda juga menyelenggarakan sunatan masal, pawai taaruf dengan bersih-bersih sampah plastik, solawat situduror, tahlil masal. Adapun acara puncak adalah pengajian akbar oleh KH Muslahudin dari Kawunganten, Cilacap yang akan dilaksanakan pada Sabtu 27 Agustus 2022.

Kontributor: Toto Priyono
Editor: Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button