Badan Otonom NU

Gebyar Ramadhan Fatayat NU Sidaurip Gandrungmangu

Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan 1442 H Pimpinan Ranting (PR) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Sidaurip, Kecamatan Gandrungmangu menggelar Gebyar Ramadhan.

Kegiatan ini sejatinya merupakan salah satu program kerja bidang ekonomi dan sosial yang sudah terlaksana keempat kalinya. Program yang dilaksanakan antara lain bazar online, bagi takjil dan santunan yatim piatu dan dhuafa.

Bazar online berlangsung mulai tanggal 25 April 2021 sampai dengan tanggal 1 Mei 2021. Pada tahun lalu kegiatan ini hanya berlangsung selama dua hari di Balai Desa Sidaurip. Namun, melihat antusiasme dan sambutan masyarakat yang baik, akhirnya tahun ini bazar diperpanjang jangka waktunya. 

Bukan hanya bertempat di balai desa saja, tetapi terdapat posko yang tersebar di setiap dusun, yaitu Dusun Kuripan, Sidaurip, Sidasari dan Gebangsari. Semua anggota Fatayat dilibatkan untuk memasarkan, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Kurir bazar dibentuk untuk mempermudah pelayanan dan pendistribusian barang, baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Selain bazar online, bagi takjil juga menjadi program gebyar Ramadhan kali ini. Kegiatan ini berlangsung pada Ahad, 2 Mei 2021 sore. Sejumlah 500 buah takjil dibagikan di jalur Jalan Raya Desa Sidaurip dengan sasaran masyarakat setempat.

Fatayat NU Sidaurip Bagi Takjil Ramadhan

Puncak kegiatan Ramadhan tahun ini adalah santunan untuk yatim piatu dan dhuafa dengan menggandeng Upzis NU-Care LAZISNU Gandrungmangu. Agenda sosial ini dilaksanakan pada Ahad, 9 Mei 2021 siang di Balai Desa Sidaurip. Dari dana yang terkumpul 163 paket dibagikan ke 55 yatim piatu dan 108 dhuafa. Mengingat situasi dan kondisi yang masih dalam masa pandemi Covid 19, maka pentasarufan dilakukan secara simbolis kepada 17 yatim piatu dan 5 dhuafa, sementara sisanya diantar oleh petugas.

Gebyar Ramadhan Fatayat NU Sidaurip Gandrungmangu

Kegiatan ini di hadiri oleh Perwakilan Pemerintah Desa Sidaurip, Pengurus Ranting NU Sidaurip, Ketua PR Muslimat NU Sidautrip, Ketua PR GP Ansor Sidaurip, Ketua IPNU IPPNU Sidaurip.

Rangkaian kegiatan tersebut dilatarbelakangi dan diperkuat oleh situasi dampak Covid 19 yang menyebabkan penurunan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar, dengan harapan bisa sedikit meringankan dan memperkuat ukhuwah islamiyah antar sesama. Hal ini disampaikan oleh sahabat Nur Khayati selaku Ketua PR Fatayat NU Sidaurip yang diamini oleh sahabat Muntasiroh selaku Ketua Panitia.

Sumber dana rangkaian kegiatan ini berasal dari anggota badan otonom NU Sidaurip, PR Fatayat NU Sidaurip, Upsiz NU-Care LAZISNU, dan warga Desa Sidaurip yang sedang merantau di luar kota maupun luar negeri. Besar harapan kegiatan ini terlaksana kembali tahun depan dengan lebih meriah dan bisa menginspirasi PR Fatayat NU lain untuk terus bergerak, berperan, dan bermanfaat bagi sesama tentunya.

Kontributor : Uswatun Chasanah

Editor : Shevilla Dewi Pramudita

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button