FKUB Se-Jateng Ikuti Silaturahmi dan Pembinaan Kapolda

NU CILACAP ONLINE – Tokoh Lintas Agama se-Jawa Tengah mengikuti silaturahmi dan Pembinaan Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, SH., S.St., M.K di Legacy Convention Hall Hôtel Plampitan Semarang, 26 Juni 2024.

Acara silaturahmi bersama Kapolda Jateng tersebut sekaligus dalam rangka memperingati HUT Polri Bhayangkara yang  ke-78.

Dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Cilacap diwakili oleh 3 orang: Fahrur Rozi (Islam, ketua), Djoko Warsito (Hindu, anggota), dan Muslam (Pengkhayat kepercayaan, anggota).

Hadir di tengah-tengah acara ketua FKUB Jateng, Prof. Dr. Imam Yahya menyampaikan selamat kepada polri Bhayangkara yang berulang tahun ke-78. Ia pun mengungkap harapan Polri tetap bisa mengayomi masyarakat.

Pesan Kapolda

Sementara dalam sambutannya, Kapolda Jawa Tengah menyampaikan dua point penting kaitannya dengan kebebasan beragama dan kerukunan warga negara.

“Ada dua hal yang saya ingin sampaikan. Pertama, payung hukum kebebasan beragama adalah pasal 29 UUD 1945. Jadi siapapun tidak bisa mengganggu hak masing-masing penduduk dan warga negara dalam beragama,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi.

Baca juga Silaturahmi Kebangsaan FKUB Jawa Tengah ke Majenang Cilacap

“Kedua, FKUB kabupaten se-Jawa Tengah dengan kearifan lokal masing-masing harus bisa menjaga kerukunan. Potensi konflik yang ada harus bisa diredam. Dalam proses pilgub, FKUB harus bisa menjaga kondusifitas dan ketenangan warga negara,” sambungnya.

Baca juga Silaturahmi Kebhinekaan, Habib Lutfi Berkunjung Ke Cilacap

FKUB Cilacap berpartisipasi dalam silaturahmi tokoh lintas agama se Jawa Tengah

Acara Silaturahmi Kapolda Jateng berlanjut doa bersama untuk ulang tahun Bhayangkara Polri yang ke-78. Dimulai dari Khonghucu, Budha, Hindu, Katholik, Kristen, dan Islam.

Kesemuanya mengharap perlindungan Tuhan untuk kesejukan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah dengan adanya percepatan ekonomi, sinergitas dengan polda Jawa Tengah khususnya, dan semua elemen masyarakat yang ada, kerukunan semua pribadi orang beragama di Jawa Tengah, dan kelanjutan menuju Indonesia Emas. Tentunya dengan berkah, taufik, dan hidayah Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga Rekomendasi Halaqah Pimpinan Pondok Pesantren Se-Jawa Tengah

Setelah itu acara Silaturahmi berlanjut dialog kapolda dengan FKUB se Jawa Tengah. Suasana akrab dan cair terasa sekali ketika kapolda turun menghampiri semua peserta.

Sesi selanjutnya dialog dengan ketua FKUB Jateng yang baru dilantik, Prof. Dr. Imam Yahya yang juga dekan Fisip UIN Walisongo Semarang. Dialog berisi tentang perkenalan FKUB Jateng kepada FKUB kabupaten se-Jawa Tengah. Lepas itu perkenalan semua FKUB kabupaten se-Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button