4 Tokoh Calon Ketua PWNU Jateng. Inilah Biodata Singkatnya.

PEKALONGAN, NU CILACAP ONLINE – Menjelang Konferensi Wilayah (Konferwil) Nahdlatul Ulama Jawa Tengah yang ke XVI belakangan ini media sosial begitu santer dan ramai membahas tokoh kiai untuk siapa yang pantas dan menjadi pimpinan NU Jawa Tengah.

Di antara tokoh tersebut NU Cilacap Online mendapatkan informasi yang kuat kiranya ada 4 tokoh dalam bursa calon Ketua PWNU Jateng. Siapa saja? Inilah Biodata singkatnya.

Yang pertama KH Abdul Ghaffar Razin yang akrab dikenal Gus Rozin, ia adalah ulama yang menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pesantren NU.

Ia juga kini masih menjabat sebagai Katib Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pernah juga sebagai staf khusus presiden bidang keagamaan dalam negeri untuk Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2018.

Gus Rozin merupakan salah satu tokoh yang mendukung pengadaan Hari Santri Nasional.

Pada 18 Mei 2018, ia diangkat sebagai salah satu dari 200 ulama yang dianjurkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Gus Rozin lahir di Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Ia adalah putra dari kiai dan ulama NU asal Pati, KH Mohammad Achmad Sahal Mahfudh yang selama dua periode pernah menjabat sebagai Rais Aam Syuriah PBNU sejak 1999 hingga 2014.

Lalu KH Rofiq Mahfudz, seorang ulama yang juga akademisi, ia merupakan satu di antara pengajar di UIN Walisongo.

KH Rofiq juga aktif sebagai pengasuh Ponpes Ar Rois Cendekia Semarang.

Kemudian KH M Muzammil, selain manjadi tokoh NU ia juga menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng 2018–2023.

KH M Muzammil juga terpilih dalam Konferwil XV NU Jateng yang berlangsung di Pesantren Miftahul Huda asuhan KH. Munir Abdullah Ngroto, Gubug, Kabupaten Grobogan, Juli 2018.

Selain dikenal sebagai ulama NU, Kiai Muzammil juga dikenal sebagai Kiai Penulis yang aktif menulis opini, esai, dan berita di media massa.

Yang terkahir KH Mohamad Arja Imroni, ia sempat menjabat sebagai Sekretaris PWNU Jateng 2010-2018.

Selain sebagai tokoh NU, KH Mohamad Arja juga sebagai akademisi ia menjadi Dekan di salah satu fakultas UIN Walisongo.

Dari empat tokoh tersebut, KH M Muzammil merupakan calon pertahana yang termasuk dalam bursa calon Ketua PWNU Jateng.

Sementara itu Koordinator Dokumentasi, Publikasi dan Humas pada Konferwil PWNU Jateng, M Ngisom Al-Barony membenarkan hal tersebut, dirinya pun mendengar empat calon tersebut, namun yang beredar di media sosial sangat banyak.

M Ngisom Al-Barony Alias Abdul Muis yang juga Redaktur NU Online Jateng juga mengatakan kepastian siapa tokoh yang dicalonkan akan muncul pada proses pemilihan ketua PWNU Jateng nanti.

“Persyaratan dan mekanisme akan dibahas dalam sidang tata tertib oleh PWNU Jateng,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebenarnya masa pengurusan PWNU Jateng habis 7 Oktober 2023, namun diperpanjang oleh PBNU sampai 7 Maret 2024.

“Kami telah berkoordinasi dengan PBNU, keputusan terakhir final dan sebelum 7 Maret harus sudah digelar konferwil, maka disetujui penyelengaraan pada hari ini, Selasa-Rabu 5-6 Maret 2024, dan dibuka langsung oleh Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf.” pungkasnya. (IHA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button