Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui PT Umat Power menyelenggarakan PASAR RAKYAT NU di Lapangan PJKA Kesugihan Cilacap 19-20 Mei 2012. Pasar Rakyat NU ini untuk ke tiga kalinya setelah sebelumnya diselenggarakan di Bekasi dan Karawang. Cilacap mendapatkan kesempatan pelaksanaan Pasar Rakyat melalui koordinasi langsung pihak penyelenggara dengan PCNU Cilacap sebagai panitia lokal.

Dr. KH. Marsudi Suhud, sekretaris jenderal PBNU menyatakan”Pasar Rakyat merupakan kegiatan PBNU yang dalam pelaksanaannya diserahkan kepada Ummat Power di 48 Kota di Indonesia selama 2012-2013. Pasar rakyat bertujuan mengembangkan sinergi usaha retail dan dunia industri guna memberikan kontribusi yang positif untuk pemberdayaan umat dan kemajuan bangsa; menciptakan suasana kerakyatan dan memberikan citra positif pada masyarakat umum yang manfaatnya dapat dirasakan langsung warga nahdliyyin sehingga lebih terkelola”.

Dalam kegiatan Pasar Rakyat ini dijual macam-macam kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng Bintang dan aneka kebutuhan lain dengan harga terjangkau. Pasar Rakyat dimeriahkan oleh artis Opick yang hadir secara khusus dan menyanyikan sejumlah lagu hitsnya dan mendapatkan applaus dari pengunjung. Pakyat juga diisi dengan berbagai macam lomba seperti Fashion Show, Lomba Menggambar, Festival Hadroh dan Panna Soccer.