Seni Budaya

Paguyuban Abdi Dalem Keraton Surakarta Cabang Cilacap Dilantik

Paguyuban abdi dalem Keraton Surakarta yang terhimpun dalam Paguyuban Kusuma Handrawina (PKH) Kasunanan Keraton Surakarta Hadiningrat Cabang Kabupaten Cilacap resmi dilantik.

Gusti Kanjeng Ratu Saha Prameswari (GKR) Pakoe Boewono ke XIII Secara Resmi mengukuhkan dan melantik pengurus Paguyuban Kusuma Handrawina (PKH) Kasunanan Keraton Surakarta Hadiningrat Cabang Kabupaten Cilacap di Pendopo Wijaya Kusuma Sakti, Pada Hari Rabu (27/7).

GKR Pakoe Boewono XIII melantik jajaran pengurus Kusuma Handrawina Kabupaten Cilacap yang diketuai oleh Pangarsa Sasmita Wijaya. Prosesi pelantikan para Abdi Dalem Keraton Surakarta berlangsung secara hidmat dan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap H. Tato Suwarto Pamuji, Para Pejabat Pemerintah Kabupaten Cilacap, Kapolres Cilacap, Kodim Cilacap ,dan pejabat lainnya, Para Komunitas Seni Budaya Jawa, PCNU Cilacap, PC PSNU, PC LESBUMI NU, Komunitas Penggiat Teknologi Informasi Cilacap.

Tujuan Paguyuban Kusuma Handrawina Cabang Cilacap

Perwakilan Dari Keraton Surakarta, Kanjeng Pangeran Aryo Widodo Notogero, dalam sambutannya mengatakan bahwa pengurus paguyuban Kusuma Handrawina ini sebagai Inisiator seni kebudayaan Jawa

“Paguyuban Kusuma Handrawina adalah sebuah paguyuban abdi dalem atau kepanjangan tangan dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Adapun tujuan dari paguyuban secara umum yakni; untuk mengenalkan juga melestarikan nguri-nguri tradisi budaya jawa saking Keraton Kasunanan Surakarta untuk mengenalkan ke masyarakat di Kabupaten Cilacap,” ucapnya.

abdi dalem keraton surakarta
“Kami mengukuhkan dan melantik abdi dalem pengurus Paguyuban Kusuma Handrawina Cabang Cilacap, melalui pembacaan sumpah atau janji setia, terhadap kepemimpinan Raja Sri Susuhunan Pakubuwana XIII. Ini sekaligus sebagai komitmen untuk mewariskan budaya adiluhung adi luhur yang dimiliki oleh Keraton Surakarta,” tambahnya.

Saat di wawancarai oleh NU Online Cilacap Pada Hari Rabu (27/7 ). Paiman, Kepala Disporapar (Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata), berharap dengan adanya paguyuban ini bisa menjadi wadah bagi warga Surakarta. Khususnya mengenalkan dan melestarikan budaya jawa dari Keraton Surakarta kepada warga Cilacap”, ujarnya.

“Selamat dan sukses Atas dilantiknya pengurus Paguyuban Kusuma Handrawina Cabang Cilacap. Semoga dapat berorientasi mengumpulkan kerukunan untuk membudayakan kearifan lokal kebudayaan jawa. Hal ini dapat menyatukan berbagai pemikiran positif dalam membangun bangsa dan negara,” sambung Paiman.

Selain Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Paguyuban ini di meriahkan Pentas Seni budaya yaitu Tarian Khas Banyumasan (Lengger ) oleh LKP Seni tari Cilacap dan Pentas Seni Pencak Silat Pagar Nusa dari Adipala, asuhan Musta’in Sonjaya dan Agus Jurjani.

Di antara abdi dalem Pengurus Paguyuban Kusuma Handrawina yang terlantik ada Tujuh belas Orang. KH Ali Mushobar Selaku Rais Syuriyah MWCNU Cimanggu memimpin doa bersama menurut kepercayaan masing-masing. (Khayaturrohman)

Artikel Terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 − 15 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button