Takmir Masjid Musholla Ranting NU Karangmangu Ikuti Bimtek Amil Zakat

NU CILACAP ONLINE – Sebanyak 81 peserta mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Amil Zakat yang diselengarakan Pengurus Ranting NU Karangmangu Kecamatan Kroya di Aula MI MA’arif 07 Karangmangu Ahad (10/03/2024). Para peserta berasal dari 30-an Takmir Masjid/Musholla Se-Desa Karangmangu Kecamatan Kroya.

Dalam sambutannya Ketua Panitia sekaligus mewakili Rais Syuriyah Ranting NU Karangmangu K. Mahmudin mengatakan bimtek amil zakat bagi takmir masjid dan mushalla diselenggarakan guna meningkatkan serta menambah wawasan, pengetahuan, kapasitas dan kapabilitas terkait pengelolaan, pengembangan serta pengumpulan zakat khususnya zakat fitrah agar lebih maksimal.

Menurutnya takmir masjid dan musholla selaku pengelola dan petugas penyalur zakat fitrah nantinya akan ditetapkan sebagai Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan Shodaqoh (JPZIS) Ranting NU Karangmangu. Baca juga Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU)

Seecara Struktural bernaung dibawah UPZIS NUCARE MWCNU Kroya. JPZIS Masjid / Musholla Ranting NU Karangmangu akan mendapatkan legalitas berupa SK dari NU Care Lazisnu PCNU Cilacap.

“Nanti Kalau sudah resmi dapat SK maka status Takmir Masjid dan Musholla yang mengelola zakat fitrah sudah sah sebagai Amil Zakat, artinya sudah memenuhi persayaratan yang ditetapkan undang-undang tentang pengelolaan zakat, mengingat tugas dan tanggung jawab yang besar itulah bimtek pada hari ini diselenggerakan”, demikian ucap Alumni PP Al Ihya Ulumaddin Kesugihan tersebut.

Artikel Terkait

Hadir dalam acara jajaran Syuriyah-Tanfidziyah Pengurus Ranting NU Karangmangu, Pengurus MWCNU Kroya, Kepala Desa Karangmangu Suparman yang juga berkenan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara bimtek.

Mewakili Pengurus MWCNU Kroya Ahmad Tajudin, dalam sambutanya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan bimtek amil zakat.

“Baru kali ini ada pengurus Ranting NU yang mau dan mampu mengadakan kegiatan bimtek amil zakat dengan menghadirkan seluruh takmir masjid dan musholla. Semoga ini bisa menjadi inspirasi dan diikuti oleh Ranting NU lainya di Kecamatan Kroya”, tutur Sekretartis MWCNU Kroya tersebut.

Bimtek Amil Zakat

Zakat Fitrah

Sesi pertama Bimtek diisi materi Fiqih Zakat. Pemateri dari anggota Dewan Syariah NU Care Lazisnu PCNU Cilacap K. Ahmad Fatoni. Pembahasan mengupas dan menjelaskan buku panduan zakat terbitan NU Care Lazsinu Cilacap yang sebelumnya dibagikan kepada seluruh peserta. Penyampaian materi lebih dispesifikan tentang zakat fitrah.

Tampak sekali peserta sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Menjelang dzuhur materi ditutup dengan simulsi interaktif pentasarufan zakat fitrah sehingga semakin memudahkan pemahaman para peserta.

Setelah sholat dzuhur dan istirahat makan siang materi selanjutnya disampaikan oleh Ketua UPZIS MWCNU Kroya Qoribul Husni. Menjelaskan tentang prosedur tata cara pengajuan SK. JPZIS dan teknis penyusunan laporan pentasarufan zakat fitrah. Baca juga Pengangkatan JPZIS (Amil Zakat) Oleh NU Care LAZISNU

Secara terpisah Ketua Tanfidziyah Ranting NU Karangmangu Sukirman S.Pd.I menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta mengucapkan terima kasih kepada jajaran panitia yang sudah bekerja keras sehingga kegiatan bimtek amil zakat bisa berjalan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah kehadiran peserta bisa maksimal, kegiatan bimtek ini merupakan salah satu amanat msuyawarah ranting dan sudah ditegaskan pada saat musyawarah kerja ranting NU ke – I supaya bisa terselenggara sebelum bulan ramadhan tahun 1445 H” pungkasnya. (Danang Sutawijaya)

Baca juga Konsep Amil Zakat Dalam Negara Modern (Hasil Munas NU 2017)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button