Ngopi Bareng Guru Ngaji Rawat Keharmonisan Lembaga Diniyah

NU CILACAP ONLINE – Talk show Ngobrol Pendidikan Islam (Ngopi) menjadi ajang menyampaikan aspirasi terkait pendidikan agama Islam. Di sini tercetus pentingnya menjaga dan merawat keharmonisan Pendidikan di lembaga diniyah dan pesantren sebagai sarana pendidikan Islam ramah anak.

Ngobrol Pendidikan Islam (Ngopi)  sarana yang tepat untuk menyampaikan berbagai aspirasi. Duduk bersama sambil menyesap kopi hitam sembari ngobrol hangat tentang pendidikan agama Islam.

Talk show ini adalah inisiasi Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD PONTREN) Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah.

Bertempat di Aula Rumah Makan Bang Jul Desa Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Pada Jum’at (15/9/2023), ngopi bareng berlangsung gayeng.

Hadir di tengah-tengah acara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, H. Mukhlis Abdillah, S.Ag, MH membuka kegiatan. Dalam sambutannya ia menyampaikan harapan agar Madin,TPQ, Pondok Pesantren di Cilacap tetap lestari dan berkembang selalu bermanfaat dan berkah.

“Pendidikan Diniyah Pesantren harus dijaga dan dikelola dengan baik, jangan sampai tidak sesuai dengan Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin. Seperti di daerah lain semakin bermunculan idiologi radikalisme berbasis agama,” katanya.

Kakankemenag juga mengimbau untuk merawat keharmonisan di lingkunan lembaga diniyah dan pesantren.

“Mulai saat ini mari bersama kita jaga, rawat, keharmonisan di lingkungan Lembaga Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Di Kabupaten Cilacap,” sambungnya.

“Kelola dengan baik agar terus berkembang lestari tambah manfaat dan keberkahan sesui dengan ajaran Agama Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin,” pesan H Mukhlis.

Lanjut H Mukhlis, “Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pihak Kanwil Kemenag Jawa Tengah. Peserta hari ini akan terus kita kawal untuk dikembangkan membangun lembaga pendidikan keagamaan Islam.”

Baca juga

Ngopi Bareng Anggota DPR

Hadir dua narasumber yakni anggota DPR RI komisi VIII Fraksi PKB Muhammad Fauzan Nurhuda Yusro S.Ag  Ketua Lembaga Ta’lif Wal Nasr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Cilacap Drs. Musa Ahmad M.S.I

Wakil Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Jawa Tengah selaku panitia ngopi dalam laporannya menyampaikan bahwa acara ngopi ini dikemas dengan talk show dengan tema Membangun Kelembagaan Pendidikan Keagamaan.

Sejumlah 80 orang peserta hadir memenuhi ruangan. Mereka rata-rata adalah guru ngaji madin dan TPQ serta pengasuh pesantren.

“Kami ucapkan apresiasi kepada peserta yang hadir. Semoga talk show ini bermanfaat bisa menambah wawasan terkait Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di wilayah Jawa Tengah” paparnya. (Rhmn)

Baca juga Talk Show Literasi Digital; Tips Melindungi Data Pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button