Tugas Pengurus NU, Khidmah Amanat Membina Umat Dan Merawat Wasiat

NU CILACAP ONLINE – Tugas pengurus NU tidak lain adalah untuk menyampaikan khidmah amanat membina umat kepada masyarakat, dan merawat wasiat Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari.

Hal itu disampaikan Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap, Drs KH Masyhud Hasbullah, M.Ag dalam kegiatan Tarhim Ramadhan 1445 H yang dihelat oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Majenang di Masjid Miftahul Anwar Pesantren Cigaru Cibeunying Majenang pada Sabtu, (16/3/2024) malam.

“Tugas pengurus NU tidak lain adalah untuk menyampaikan khidmah amanat membina umat kepada masyarakat, dan menjaga wasiat Hadratussyekh KH Hasyim Asyari yakni merawat jagad. Barangsiapa yang mau mengurus NU akan aku anggap sebagai santriku. Siapa yang menjadi santriku akan kudoakan khusnul khatimah beserta anak-cucunya.” tuturnya.

Atas nama Pengurus Badan Kesahteraan Masjid (BKM) sekaligus Pengasuh Pesantren Miftahul Anwar Cigaru Majenang KH Drs Masyhud Hasbullah M.Ag mengapresiasi kegiatan Tarhim yang diprogramkan MWCNU Majenang.

Dia berharap hadirnya MWCNU Majenang dalam giat Tarhim Ramadhan 1445 H kali ini selain berkhidmat dan menyampaikan amanat membina umat juga membawa barakah.

Artikel Terkait

“NU itu organisasi besar, demikian juga organisasi-organisasi kelembagaan yang bergerak di dalamnya. Maka kebersatuan, bisa saling bersinergi dengan yang lainnya, akan bisa menjadi kekuatan yang luar biasa.” akunya

Oleh karena itu, lanjutnya, warga NU untuk bisa mendukung program yang dicanangkan, dan warga dapat berkontribusi terhadap pemajuan NU.

“Khidmah amanat membina umat, agar semakin lama semakin maju dan semakin besar. Kebesaran NU sebagaimana yang kita ketahui harus digalang secara bersama-sama. Kerjasama dan sama-sama bekerja semua komponen NU ada di dalamnya. Bersatu menggerakkan potensi yang ada. Dengan cara seperti ini, NU akan semakin dirasakan kehadiran dan kebermanfaatannya,” katanya

Tarhim Rutin Ramadhan

Kegiatan Tarhim NU Majenang dihadiri oleh pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Jajaran Pengurus Lembaga maupun Banomnya.

Turut hadir Pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Majenang, GP Ansor, Muslimat NU, Fatayat, Perangkat Desa dan Pengurus Ranting NU Cibeunying.

Tarhim rutin Ramadhan diawali dengan tilawah dan sholawat nabi SAW oleh Ketua Ansor Ranting Cibeunying sahabat Ariq Maulana Jindansyah. Dilanjutkan sambutan selamat datang dari Pengurus Ranting NU Cibeunying, Kiai Zaenudin. Dan dilanjut sambutan-sambutan.

Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) MWCNU Majenang, Kiai Slamet Maksudi menyampaikan bahwa setiap tahun dalam bulan Ramadhan MWCNU Majenang rutin mengadakan kegiatan turba ke ranting-ranting NU dengan melaksanakan safari Jumat dan tarawih dan silaturahim (Tarhim) ke ranting-ranting NU Majenang.

“Pada ramadhan tahun 1445 H kali ini MWCNU Majenang beserta Lembaga Dakwah NU (LDNU) dan Lembaga Takmir Masjid NU (LTMNU) mengagendakan kegiatan 4 kali kegiatan safari jumat dan 4 kali kegiatan tarhim. Semoga lancar dan membawa berkah bagi kita semua,” jelasnya.

Ketua MWCNU Majenang KH Drs Salamun Hadi Subroto menyampaikan bahwa MWCNU Majenang satu-satunya organisasi tingkat MWCNU yang lengkap memiliki lembaga pendidikan mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi (PT).

pemberian-plang-nama-masjid-mushala-di-Desa-Cibeunying-dan sesi photo“Kita sudah punya PT STKIP Majenang berdiri sejak 2014. Dan sudah banyak alumni yang jadi ASN/PNS maupun P3K. Maka dengan dukungan bapak ibu semua untuk mengajak putra putri, tetangga, saudara dan kerabat untuk sekolah dan kuliah yang sudah disiapkan lembaga NU. Maka hal ini akan menguatkan potensi NU lebih berkembang lagi,” pungkasnya.

Sebagai rangkaian acara terakhir ialah mauidhoh hasanah disampaikan oleh Kiai Muttaqin, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Maarif Pakuaji Cilopadang Majenang

Menekankan pada kesadaran bahwa NU sebagai organisasi vital bagi keutuhan bangsa maka warga NU wajib menjaga amaliyah NU.

“Maka kita jangan jauh-jauh dari Ulama, semua itu dalam rangka menjaga, melestarikan, mengembangkan, memajukan dan turut serta dalam perdamaian dunia memalui ajaran yang berdasarkan pada nilai Islam Ala Ahli sunnah waljamaah Annahdliyah.” tegasnya.

“Semoga MWCNU Majenang semakin berkembang, maju ke depannya dan Bangsa Indonesia Aman, adil, makmur, sejahtera. Amin” tambahnya.

Adapun acara ditutup dengan pemberian plang nama masjid mushala di Desa Cibeunying dan sesi photo bersama. (IHA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button